Mohon tunggu...
Mila Meilani Sandi
Mila Meilani Sandi Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelompok A di TK Pertiwi Taraman, Sidoharjo, Sragen

Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Media Loose Part Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Berhitung 1-5

10 Desember 2022   10:37 Diperbarui: 10 Desember 2022   10:42 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE ini mencakup Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi)

Penulis : Mila Meilani Sandi, S.S.,S.Pd.

Unit Kerja : TK Pertiwi Taraman

Hari/Tanggal : Sabtu, 26 Oktober 2022

Tema Tanaman, Sub Tema Tanaman Hias, Sub-sub Tema Macam-macam Bunga. 

SITUASI

Latar Belakang : Yang melatarbelakangi masalah yaitu masih benyaknya anak kelompok A TK Pertiwi Taraman banyak yang masih bingung memahami konsep bilangan angka 1-5.

Praktik ini yang penting untuk dibagikan karena perlunya pemahaman konsep bilangan kepada anak usia 4-5 / kelompok A dalam berhitung angka 1-5 melalui permainan=permainan dengan metode belajar dan bermain, supaya anak lebih mudah memahami yang disapaikan oleh guru dan menarik bagi anak.

Peran dan Tanggung Jawab dalam praktik ini saya sebagai guru untuk anak mencapai tujuan tujuan yang dicapai. Dengan adanya dunia pendidikan anak usia dini dapat berfikir anak untuk jenjang pendidikan berikutnya.

TANTANGAN

Hal yang menjadi kendala saat menggunakan media loose part yaitu anak-anak masih mengalami kebingungan meletakkan media loosepart pada angka yang tertulis di kartu angka.

Yang Terlibat yaitu peserta didik kelompok A, teman sejawat, wali murid, dan kepala sekolah.

AKSI

Langkah-langkah yang dilakukan anak-anak didampingi saat meletakkan media loosepart disamping kartu angka tersebut.

Strategi dan Materi yang digunakan dengan menggunakan media loosepart dengan model pembelajaran kelompok, problem based learning, membawa media nyata loosepart, dan memanfaatkan media yang dapat didaur ulang, mengerti ciptaan Tuhan dan menyayangi tanaman di sekitar lingkungan.

Proses Pembelajaran

  1. Pembukaan (Kegiatan Fisik Motorik, Berdoa sebelum belajar, hormat bendera, mengucap pancasila, apersepsi macam-macam bunga, dan melihat video macam-macam bunga)
  2. Inti (Menghitung loosepart 1-5, menuliskanmacam-maca bunga dan mewarnai gambar bunga)
  3. Penutup (Istirahat, makan bekal, recalling, pesan moral, doa pulang, dan mengucap sanjak wangsul)

Proses

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun