UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO
Email : 1. Meikebatara19@gmail.com
        2. adil@umpalopo.ac.id
ABSTRAK
Proses distribusi adalah bagian penting dari pengiriman barang ke pelanggan akhir; tujuan dari perpindahan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya beragam, dan jumlah barang yang dikirim ke lokasi tersebut bervariasi. meningkatkan kapasitas antena transportasi. Karena rantai pasokan PBB Jembar Ati tidak sepenuhnya menggunakan manajemen yang efektif, Produsen utama produk berkualitas tinggi adalah petani. Pengepul menyortir dan menilai hasil pemeriksaan, dan kemudian tepat waktu menyerahkannya ke pengolah (pabrik). Perencanaan panen dilakukan oleh pengepul untuk melanjutkan girim padi atau beras ke pengolah. Setelah panen, pengolah melakukan perawatan pasca panen kepada pengepul atau langsung ke petani, seperti pembersihan, pengemasan, pelabelan, pendistribusian, dan pemberian pesanan. P.B. Jembar Ati memiliki alat untuk mengawasi proses produksi. Strategi dan perencanaan adalah konsep penting.
Kata kunci : Rantai Pasok, Distribusi, Rantai Pasokan Beras, Manajemen Rantai Pasok, Cianjur.
1. PendahuluanÂ
A. Latar Belakang
Beras adalah makanan pokok dasar untuk sebagian besar Masyarakat Indonesia. konsumsi jumlah beras di Indonesia semakin meningkat, meningkat sebagaimana mestinya setiap tahun dengan jumlah yang meningkat bahkan orang Indonesia terdaftar sebagai satu Negara pengkonsumsi beras tertinggi di dunia. Kecanduan masyarakat yang sangat Indonesia tinggi terhadap beras ini menjadi masalah beras tidak cukup. Itu bisa mengganggu ketahanan pangan nasional (Badan Pusat Statistik Nasional, 2009). Didistribusikan dapat dianggap sebagai bagian terpenting dari proses pengiriman produk ke pelanggan akhir. Bagaimana barang dikirim dari satu tempat ke tempat lain Untuk tujuan yang berbeda, berbagai barang dibagi berdasarkan kekuatan kendaraan yang digunakan. untuk mendapatkan hasil distribusi yang efisien, perusahaan harus dapat menentukan rute mana yang akan digunakan selama proses pengiriman barang. Ini penting bagi bisnis untuk mengetahui biaya dan jarak yang harus ditempuh oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
B. Tujuan dan Manfaat PenelitianÂ