Mohon tunggu...
Meida Martha
Meida Martha Mohon Tunggu... Guru - Meida martha hella ria

Orang yang sukses adalah orang yang bertahan dalam proses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

APE untuk Pengembangan Bahasa AUD

30 Oktober 2021   11:46 Diperbarui: 30 Oktober 2021   11:54 910
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel 7

ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Pengertian Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Bahasa dalam anak usia dini sangat di butuhkan dan harus di perhatikan perkembangannya karena apa, yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa Bahasa adalah suatu yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan Bahasa juga dapat mengekspresikan apa yang kita rasakan dengan cara berkomunikasi.

Apabila kemapuan Bahasa yang kita miliki bagus maka kita akan lebih mudah berkomunikasi sama orang lain. Dan begitupun sebaliknya jika kemampuan Bahasa kita kurang bahkan tidak baik maka kita akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain Dan sulit untuk mengekspresikan apa yang kita rasakan. Maka dari itu perkembangan Bahasa pada anak usia dini harus benar benar di perhatikan oleh orang tua maupun pendidik. Jikalau terdapat kekurangan ataupun kendala dari anak untuk berbicara dengan Bahasa yang baik maka sebagai pendidik maupun orang tua harus cepat tanggap untuk menanganinya.

Adapun pengertian Bahasa menurut beberapa ahli yaitu Winda Gunarti menyatakan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi antar manusia berupa lisan, tulisan, maupun isyarat. Kemudian ditegaskan oleh pendapat Nurlaeni yang menyatakan bahwa pada dasarnya bahasa digunakan sebagai alat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan, sebab dengan bahasa orang dapat mengetahui kebutuhuhannya dengan baik. Selain itu, Bahasa juga dapat dikatakan sebagai simbol-simbol yang telah disepakati dan digunakan oleh suatu kelompok masyarakat.

 Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Perkembangan adalah perubahann mental yang terjadi dalam waktu tertentu dan secara bertahap, setiap rentang usia yang terus berkembang perkembangan bahasa anak usia dini juga ikut berkembang. Mulai dari kemampuan sederhana kemudian berubah menjadi kemampuan yang lebih sulit. Seleain itu, perkembangan juga dapat dimaknai sebagai perubahan yang bersifat kualitatif. Perubahan dalam hal ini disebabkan oleh terjadinya proses perubahan tingkah laku.

Perkembangan bahasa pada anak-anak berkembang secara sistematis siring dengan pertambahan usia. Perkembangan anak yang normal dapat dilihat dari komponen pemerolehan bahasa yang hampir sama, yaitu sebagai berikut: a. Perkembangan fonologi (sistem bunyi), anak memiliki keutuhan dalam bersuara atau ketepatan membunyikan huruf (vokal dan konsonan). b. Perkembangan sintaksis (sistem gramatikal/struktur bahasa), anak mampu menyusun kata-kata menjadi kalimat yang utuh dan terstuktur. c. Perkembangan semantik (sistem makna), anak telah mampu menyampaikan suatu kalimat dengan makna yang utuh. d. Paragmatik (sistem sosial), anak telah mampu menerapkan ucapan dalam kehidupan social.

Jika kita berbicara tentang alat permainan edukatif yang tentunya sudah kita bahas di artikel sebelumnya, dimana salah satu manfaat dari alat permainan edukatif adalah mengembangkan enam aspek pada anak usia dini yaitu (1) Nilai Agama dan Moral, (2) Fisik-Motorik, (3) Kognitif, (4) Bahasa, (5) Sosial-Emosional, dan (6) Seni.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang apa saja alat permainan edukatif yang bisa mengembangkan Bahasa anak usia dini. yang pertama Aktivitas Bercerita Menggunakan Alat Peraga, dapat kita ketahui Bersama bahwa permainan tersebut tidaklah asing lagi di telinga bahkan di sekolah sekolah PAUD sudah menerapkan. Dengan bemain bercerita menggunakan alat peraga maka kita akan mengetahui perkembangan Bahasa anak itu sampai mana. Kedua Puzzel, Alat permainan edukatif berupa puzzel berbentuk huruf terpisah yang dapat disusun kembali. Cara memainakannya yaitu hanya dengan menrangkai huruf menjadi suatu kata atau kalimat utuh, kemudian anak diminta untuk menyebutkannya. Ke tiga Flashcard atau kartu huruf (a,i,u,e,o) yang dilengkapi dengan gambar benda, hewan, atau tumbuhan dapat mempengaruhi perkembangan otak anak dalam memahami huruf. Ke empat Miniatur Alat Komunikasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun