Dalam Republik, Plato menggambarkan kesadaran sifat kehidupan manusia yang baik (kebahagiaan sejati) tidak dapat ditentukan secara independen dari tempat manusia dalam masyarakat dan bahwa sifat masyarakat yang adil tergantung pada pendidikan warganya. Oleh karena itu, ia menetapkan Paideia sebagai sistem pendidikan yang akan mendidik, membentuk, melatih individu-individu yang dapat berperan sebagai kelas penguasa yang berbudi luhur. Â Dalam Republik, Platon menetapkan cita-cita daripada deskripsi kurikulum pendidikan yang ada atau bahkan pendidikan yang diajarkan di Akademinya.
Menurut Plato, tujuan akhir pendidikan adalah keadilan dalam negara. Untuk menghasilkan masyarakat yang adil maka harus memperhatikan kodrat jiwa, yaitu harus ada jenis pendidikan yang sesuai dengan kodrat jiwa. Â konsep Paideia Plato dirancang dalam pola spiritual yang berbeda sikap dan jenis jiwa. Metode untuk menciptakan negara yang adil hanyalah : mereformasi negara, mereformasi jiwa. Bagi Platon, itu juga berarti roh inkarnasi kita tidak dapat memperoleh pengertian yang tepat jika tidak berada dalam masyarakat yang lebih adil.
Plato percaya bahwa melalui pendidikan orang dapat dibuat "bebas" atau "liberal". Secara singkat memeriksa dan menunjukkan seperti apa kebebasan itu? Paidea bertujuan untuk menghasilkan individu yang bebas dan menjadi warga negara dan penguasa yang berbudi luhur.
Pendidikan yang konsepnya Paideia dilambangkan, ditujukan pada pengklasifikasi tipe manusia yang lebih tinggi. Lebih tinggi dalam hal kebajikan moral, dan kebijaksanaan intelektual. Ini berarti seluruh proses mendidik manusia ke dalam bentuk aslinya, sifat manusia yang nyata dan sejati. Plato dan orang-orang Yunani sebelum dia, percaya bahwa hukum alam manusia diwujudkan dalam budaya; dan sastra (puisi tertulis atau lisan, cerita), tradisi, agama, ilmu pengetahuan, dan seni adalah gudang kebudayaan. Formasi budaya itu seperti menjadi "diciptakan" menjadi kehidupan spiritual suatu masyarakat.Â
Oleh karena itu Plato menekankan penggunaan bahasa sebagai kekuatan untuk pendidikan kaum muda. Dia juga mengusulkan untuk memperluas sistem pendidikan untuk memasukkan serangkaian studi matematika: aritmatika, geometri, astronomi, musik, dan akhirnya logika, atau ilmu berpikir dan kebenaran akhir. Dia mengakui nilai-nilai praktis dari studi semacam itu, tetapi tujuan utamanya adalah untuk mengajarkan makna dan metode mencapai kebenaran yang berbeda dari sekadar pendapat.
Pendidikan dan Hakikat Jiwa
Platon menyatakan dengan jelas prinsip-prinsip tertentu yang menjadi dasar teori pendidikan yang nyata. Asumsi pertamanya adalah bahwa dalam demokrasi di mana semua orang harus mampu memerintah diri mereka sendiri, setiap warga negara harus berpendidikan tinggi. Dengan demikian, dia memperkenalkan kepada dunia Athena sebuah tesis baru, prinsip pendidikan baru.Â
Pelatihan teknis untuk tujuan kejuruan, menurut Plato, bukanlah pendidikan. Mengapa? Karena pelatihan kejuruan dan teknis, tidak mengarah pada pengembangan dan pemeliharaan sifat sejati manusia seutuhnya. Pendidikan bagi Plato adalah aktivitas budaya yang membina manusia menjadi pribadi yang lebih baik, yang mengetahui kebaikan dan melakukan kebaikan. Karena itu, teori pendidikan Plato sesuai dengan pemahamannya tentang alam dari jiwa. Dalam Republik, Platon dengan jelas menunjukkan bahwa pendidikan bertujuan untuk keadilan politik; tetapi ia juga menunjukkan adanya hubungan paralel antara negara dan jiwa, sehingga ia membahas tentang keadilan dalam jiwa dan keadilan dalam negara. Werner Jaeger menunjukkan sifat hubungan ini sebagai berikut:
"Jiwa manusia adalah prototipe, hubungan dekat negara dan jiwa diisyaratkan dengan cara yang luar biasa. Negara hanya sebagai sarana untuk menjelaskan tujuan, sifat, dan fungsi keadilan dalam jiwa. Karena ada keadilan baik dalam jiwa maupun dalam negara secara keseluruhan.
Masalah dari Republik adalah masalah keadilan dan kebenaran. Oleh karena itu, keadilan Plato, adalah harmoni di mana semua individu berada di tempat yang tepat melakukan fungsi yang tepat. Atau dengan kata lain keadaan masyarakat yang adil di mana setiap individu berada di tempat yang sesuai dengan sifat dan kapasitasnya, melakukan sesuatu yang hanya dapat dia lakukan dengan sebaik-baiknya.
Oleh karena itu, bagi Plato,Paideia dipahami sebagai proses ideal dan sarana ideal untuk mencapai keadilan, baik bagi individu maupun negara. Keadilan bagi individu hanya dapat diperoleh ketika setiap individu mengembangkan potensinya secara maksimal. Dalam pengertian ini, keadilan berarti keunggulan, dan pendidikan diperlukan untuk mencapai keunggulan itu.
Orang Athena tentang asal usul hukum, apakah hukum itu berasal dari dewa atau manusia. Clinias menyatakan bahwa Apollo dianggap sebagai pencetus hukum Kreta, sedangkan Zeus dianggap sebagai pendiri Sparta (624a-625a). Â Megillus dan Clinias berpendapat bahwa tujuan pemerintah adalah untuk menang dalam perang, karena konflik adalah kondisi esensial dari semua manusia (625ca-627c). Karena tujuan mendasar adalah kemenangan dalam perang, Clinias dan Megillus berpendapat bahwa tujuan utama pendidikan adalah membuat warga negara berani.Â