Mohon tunggu...
Megawati Sorek
Megawati Sorek Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN 003 Sorek Satu Pangkalan Kuras Pelalawan Riau

Seorang guru yang ingin menjadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Koneksi Antarmateri Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid dengan Modul Sebelumnya

21 Juni 2024   22:19 Diperbarui: 21 Juni 2024   22:51 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri : Koleksi Desain Megawati Sorek

Apa kabar para pembaca khususnya yang CGP juga? Pastinya masih sibuk mengerjakan tugas ya, semangat ya. Kita samaan nih berjuang untuk menambah ilmu dan bersinergi serta berkolaborasi menjadi agen perubahan, memberikan pembelajaran yang bermakna dan nantinya semoga kita mampu mewujudkan tujuan pendidikan bangsa ini. Tak terasa waktu berlalu, saya selalu CGP dengan kesibukan rutinas harian juga masih berusaha untuk mengerjakan tugas dengan sunguh-sungguh dan mengimplementasikannya demi murid tercinta. Sebelum ke bahasan inti, boleh dong curhat sedikit ya. Memang jadwal akhir semester kita itu  memang disibukkan mengolah nilai dan mengisi rapor, makanya harus mampu mengelola waktu agar tidak keteteran. Untungnya juga keluarga mendukung dan memaklumi beberapa pekerjaan rumah sedikit terabaikan dan mereka mau membantu. Bersyukur sekali akhirnya selesai dan bisa bernapas lega.

Berikut ini tibalah saatnya untuk saya memaparkan mengenai hubungan setiap materi yang telah dipelajari agar terciptannya suatu skema yang saling berkaitan dan mengetahui cara alurnya dengan jelas.

Penguraiannya akan dipandu dengan pertanyaan berikut ini :

Pertanyaan 1 : Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah  pembelajaran yang melakukan pendekatan pengajaran yang berdasarkan keragaman kebutuhan, minat, dan kemampuan individu siswa dalam  sebuah kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan langkah pertama mengecek tujuan pembelajaran, memetakan kebutuhan murid, membuat penilaian yang sesuai dan terakhir barulah  menyusun strategi pembelajaran yang dilakukan. Selain itu guru juga harus mengetahui dan merespon kebutuhan belajar murid, melakukan menajemen kelas yang efektif, menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi siswa untuk belajar  dan penilaian yang dilakukan terus berkelajutan.

Kebutuhan murid sebagai pertimbangan  oleh seorang guru meliputi :

  • Kesiapan belajar murid yaitu berkaitan dengan pengetahuan prasyarat yang telah diketahui siswa.
  • Minat murid yaitu ketertarikan atau motivator penting bagi murid agar terlibat aktif dalam pembelajaran.
  • Profil belajar murid yaitu meliputi lingkungan, budaya, gaya belajar, kecerdasan majemuk, latar belakang, trauma.

Kebutuhan murid bisa guru identifikasi dengan cara berikut ini : mengamati prilaku siswa, mengidentifikasi pengetahuan awal, tes diagnostik,  mereview dan melakuan  refleksi terhadap praktik pengajaran, berkonsultasi dengan guru sebelumnya sebagai rekomendasi,  membaca dan menganalisa laporan nilai  yang diperoleh pada kelas ebelumnya dan menggunakan  berbagai penilaian formatif dan sebagainya.

Strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan cara :

  • Bediferensiasi  konten yaitu konsep, materi apa yang diajarkan maupun keterampilan harus menyesuaikan dengan tingkat pemahaman, minat, dan atau profil belajar siswa. Misalnya memberikan teks  bacaan materi dalam berbagai  variasi bentuk.
  • Berdiferensiasi proses yaitu metode pengajaran yang diberikan bersifar beragam dan bebas, seperti diskusi kelompok, pembelajaran mandiri, atau proyek kolaboratif dan lain-lain, disesuaikan  dengan gaya belajar siswa. Kegiatan ini nantinya  memungkinkan murid berlatih dan memahami  atau memaknai konten, dengan cara membedakan proses yang harus dijalani oleh siswa.
  • Berdiferensiasi produk yaitu siswa diberikan kebebasan menunjukkan pemahaman mereka dalam memilih variasi hasil penugasan seperti membuat poster, tulisan, video atau sebagai bukti  yang menunjukkan siswa telah memahami dan mampu memodifikasi produk sebagai hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan dan pengembangan apa yang telah dipelajarinya.

Pertanyaan ke 2 adalah :  Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi  dapat memenuhi kebutuhan  belajar siswa dan  membantu mencapai  hasil belajar yang optimal? Caranya adalah dengan memperhatikan perbedaan individu, pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu setiap siswa  belajar dengan cara  yang paling efektif bagi mereka. Siswa yamg lebih tinggi dapat diberikan tantangan lebih, sementara siswa yang membutuhkan bantuan tambahan  dapat mendapatkan dukungan yang sesuai. Selain itu dengan menyesuaikan  metode pengajaran dengan kebutuhan  siswa, pembelajaran  berdiferensiasi  membantu meningkatkan motivasi dan keterampilan  siswa yang pada akhirnya  dapat meningkatkan hasil belajar mereka secara optimal.

Pertanyaan ke 3 adalah : Jelaskan  pula bagaimana anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di program pendidkan guru penggerak? Kaitannya sangat erat karena saling berhubungan, karena dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi maka guru harus berusaha memenuhi  kebutuhan belajar siswa yang sesuai dengan kodrat alam dan zaman berdasarkan pada modul 1 Filosofi KHD kemarin yang sudah dipelajari. Begitu juga dengan nilai serta peran guru penggerak adalah dasar kemampuan guru untuk menuntun  siswa ke arah kemerdekaan belajar. Strategi untuk mencapai misi guru penggerak adalah dengan cara melakuakn pembelajaran berdiferensiasi karena pembelajaran tersebut memihak kepada murid.  Begitu juga dengan kaitannya dengan nilai-nilai budaya positif salah satu contoh misalnya yang berupa keyakinan kelas pembelajaran akan berjalan dengan baik dan pembelajaran berdiferensiasi bisa dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun