Pandan Agung, 29 Juli 2024 - Divisi Ekonomi Kreatif KKN-T 21 Pandan Agung melakukan kunjungan ke Bakery yang beralamat di Desa Pandan Agung RT 05 RW 03 Kecamatan Madang Suku II.Â
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Universitas Nurul Huda Posko 21 Pandan Agung berhasil memberikan kontribusi bagi UMKM bakery lokal. Melalui program pendampingan, mahasiswa tidak hanya membantu pemasaran melalui media sosial, tetapi juga turut serta dalam proses produksi mulai dari pembuatan adonan hingga pengemasan. Dengan demikian, diharapkan UMKM bakery ini dapat meningkatkan produktivitas dan daya saingnya
UMKM bakery seringkali memiliki potensi besar namun terkendala oleh keterbatasan pengetahuan di bidang pemasaran. Dimana proses pemasaran roti  hanya dititipkan di warung. Melihat hal itu, mahasiswa KKN-T UNUHA Posko 21 Pandan Agung berinisiatif untuk membimbing UMKM bakery lokal dalam proses pemasaran. Dalam hal ini, kami mengenalkan sekaligus mengajak dalam pembuatan akun untuk strategi pemasaran berbasis IT seperti facebook.
 Tujuan dikenalkannya strategi ini guna untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas dalam promosi, distribusi, dan manajemen operasional. "Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas jaringan pasar melalui platform digital" ucap Tri Lestari selaku divisi ekonomi.
Bakery tidak hanya memproduksi satu jenis rasa, melainkan ada berbagai varian rasa, seperti coklat, kelapa, srikaya, durian, blueberry, strowberry, dan nanas. Produk tersebut dikemas menggunakan plastik. Selain itu, pemilik roti tersebut mengatakan bahwa harga berbagai roti tersebut tidak menguras kantong. "Untuk harga roti tersebut hanya Rp 2.000" ujar pemilik UMKM roti tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H