Rendahnya tingkat numerasi dan kemampuan matematika siswa di Indonesia menjadi perhatian serius dengan data yang menunjukkan bahwa dalam PISA 2018, Indonesia menempati peringkat 72 dari 79 negara, dengan skor rata-rata matematika hanya 379, jauh di bawah rata-rata OECD.
Laporan OECD tahun 2019 menegaskan bahwa Indonesia memiliki kesenjangan besar dalam kemampuan matematika, di mana 25% siswa teratas setara dengan 10% siswa teratas di negara-negara OECD, sementara 25% siswa terbawah memiliki skor yang jauh lebih rendah. Studi IMFS tahun 2020 menambahkan bahwa bahkan di tingkat SD, hanya 39% siswa mencapai nilai standar minimum dalam tes matematika, menunjukkan kesulitan dalam memahami konsep dasar seperti operasi bilangan dan geometri.
Penelitian oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 2017 menyoroti berbagai faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan matematika, termasuk kurangnya pemahaman guru terhadap konsep, metode pembelajaran yang tidak tepat, serta kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua dan masyarakat. Dengan demikian, perbaikan dalam sistem pendidikan matematika, pemahaman yang lebih baik dari guru, serta dorongan dari orang tua dan masyarakat akan menjadi kunci untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa di Indonesia.
Signifikansi pembelajaran inklusif dan penyesuaian kebutuhan belajar yang beragam menjadi sangat penting dalam menghadapi tantangan rendahnya kemampuan matematis dan numerasi di kalangan siswa Indonesia. Melalui pendekatan inklusif, setiap individu akan menerima perhatian yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya, termasuk mereka yang mengalami kesulitan dalam memahami dasar konsep matematika, sebagaimana yang terungkap dalam berbagai penelitian terdahulu.
Dengan menerapkan strategi diferensiasi pembelajaran serta pemanfaatan teknologi, pendidik dapat menyesuaikan proses pembelajaran guna memenuhi kebutuhan setiap siswa yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi matematika. Inovasi seperti Inklusi Tanpa Batas menawarkan pendekatan yang terstruktur, penguatan positif, dan pembelajaran yang beradaptasi yang terbukti berhasil dalam meningkatkan pencapaian akademik serta memperkuat kepercayaan diri siswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran matematika yang kompleks.
Inklusi Tanpa Batas adalah suatu metode pendidikan revolusioner yang menggabungkan aspek-aspek dari Behaviorisme dan Diferensiasi Pembelajaran dengan tujuan untuk mengoptimalkan kemampuan individu setiap murid dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif serta memberdayakan bagi peserta didik.
Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada penyatuan murid dengan beragam latar belakang, melainkan juga pada pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan belajar masing-masing individu, disertai dengan penyediaan materi pembelajaran yang disesuaikan serta memberikan dukungan dan motivasi yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan belajar.
Dengan prinsip-prinsip dasar seperti memberikan pedoman yang jelas dan menyediakan variasi pilihan aktivitas serta tingkat kesulitan pembelajaran, Inklusi Tanpa Batas dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta didik, pendidik, dan institusi pendidikan, termasuk peningkatan prestasi belajar, motivasi, keterampilan sosial, dan citra baik sekolah. Inklusi Tanpa Batas mewakili sebuah inovasi penting dalam dunia pendidikan yang berpotensi menghasilkan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan bermutu, sekaligus membuka peluang bagi setiap peserta didik untuk mencapai tingkat kesuksesan yang optimal.
Proses ini dimulai dengan penilaian individual yang mencakup evaluasi terhadap kemampuan, gaya belajar, dan minat setiap murid yang kemudian digunakan untuk membuat profil belajar yang khusus untuk setiap individu. Dari profil belajar ini, guru menetapkan tujuan belajar yang diferensiasi untuk setiap murid, dan tujuan tersebut dikomunikasikan dengan jelas kepada murid.
Selanjutnya, guru menyediakan berbagai pilihan kegiatan belajar yang beragam untuk memenuhi kebutuhan serta minat semua murid, dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, seperti pembelajaran langsung atau berbasis proyek.
Selama proses pembelajaran, guru terus melakukan penilaian berkelanjutan untuk melacak kemajuan belajar murid dan memodifikasi pembelajaran sesuai kebutuhan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip Inklusi Tanpa Batas ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung di mana setiap murid memiliki kesempatan untuk mencapai potensi penuhnya, baik dalam pelajaran matematika, bahasa Inggris, sains, maupun mata pelajaran lainnya.