Mohon tunggu...
Medio Podcast Network
Medio Podcast Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ingin Kerjaan Lancar? Yuk, Bangun Relasi dengan Atasan

14 Maret 2023   13:50 Diperbarui: 14 Maret 2023   13:56 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membangun relasi dengan atasan mungkin terlihat menakutkan bagi beberapa pekerja. Apalagi jika mereka baru saja masuk perusahaan tersebut.

Padahal, membangun relasi dengan atasan bisa memberikan manfaat lebih bagi pengembangan diri dan karier kita. 

Dengan membangun relasi, atasan akan menilai bahwa kita merupakan pribadi yang potensial dalam jangka pendek atau panjang.

Bahkan, Vicario Reinaldo, Co-Founder followyourflow.id, dalam siniar Obsesif bertajuk "Managing Up, Membangun Relasi dengan Atasan", mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan, "Very good long term investation."

Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa membangun relasi yang baik dengan atasan?

1. Ambil Inisiatif

Dilansir First Hand, salah satu cara agar kita bisa dikenal atasan adalah berani mengambil inisiatif. Hal ini bisa terlihat saat kita antusias dan memberikan kontribusi maksimal dalam suatu proyek pekerjaan.

Memunculkan ide-ide baru menunjukkan bahwa kita bukan orang yang pasif ketika menghadapi tantangan.

2. Gunakan Waktu dengan Baik

Meskipun terlihat aktif adalah hal baik, kita tidak boleh berlebihan dalam melakukannya. Artinya, kita tidak harus selalu berkomunikasi dengan mereka untuk mendiskusikan pekerjaan. Sebab, mereka bisa saja memiliki kegiatan lain.

Oleh karena itu, kita harus menggunakan waktu dengan bijak. Jangan terlalu sering membicarakan pekerjaan jika bukan pada waktunya. Kita bisa berdiskusi saat rapat berlangsung.

3. Gunakan Pendekatan Personal

Cara ketiga adalah gunakan pendekatan personal. Namun, hal ini bukan berarti kita melonggarkan batas antara kehidupan profesional dan personal.

Kita bisa menanyakan hal-hal yang disukai oleh atasan. Misalnya, film kesukaannya, bagaimana kabar mereka hari itu, sampai hobinya. Dari situ, kita bisa menyambung obrolan jika memiliki kesamaan dengan mereka.

 4. Mintalah Umpan Balik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun