Mohon tunggu...
Medio Podcast Network
Medio Podcast Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

10 Aturan Komunikasi yang Buat Semakin Percaya Diri

9 Maret 2023   15:46 Diperbarui: 9 Maret 2023   16:28 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setiap harinya, kita pasti berbicara dengan orang lain. Kemampuan ini sejatinya telah terbentuk sejak kecil. Meskipun begitu, realitasnya tak semua orang mampu berkomunikasi dengan baik.

Penyampaian makna dan maksud dengan tepat adalah esensi dari komunikasi. Jika pesan ini tak bisa diterima dengan baik, artinya ada kekeliruan dalam prosesnya. Dari sinilah, sering kali terjadi kesalahpahaman yang bisa berujung fatal. 

Namun, jangan khawatir karena kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat dilatih. Dalam siniar Obsesif musim keenam bertajuk "10 Aturan Komunikasi Bikin Kamu Makin Pede!" dijelaskan ada sepuluh aturan komunikasi yang bisa kita praktikkan.

Kiat-kiat ini merupakan hasil bedah buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, yaitu Berbicara Ada Seninya karya Oh Su Hyang. Kira-kira apa saja sepuluh aturan tersebut?

1. Jangan Bicarakan Orang Dibelakang

Aturan pertama adalah jangan sekali-kali membicarakan orang di belakangnya. Terlebih, jika kita mengatakannya kepada orang lain. 

Jika orang yang dibicarakan tahu, tentu hal ini bisa merusak hubungan kita dengannya. Apabila ada keluhan, lebih baik diskusikan baik-baik dengan orang tersebut.

2. Talk Less, Hear More

Komunikasi yang efektif membutuhkan perhatian penuh pada keseluruhan prosesnya. Jadi, bukan hanya isi pesan, melainkan juga bagaimana perasaan pembicara lewat gestur tubuhnya. 

Jika mereka sedang ingin didengarkan, jadilah pendengar yang baik. Jangan sampai kita memotong pembicaraannya karena sikap ini termasuk ke dalam monopoli pembicaraan.

3. Perhatikan Intonasi

Intonasi juga penting dalam berkomunikasi. Semakin tinggi intonasi, semakin terdistorsi pula isi pesan kita. Terlebih, saat mengobrol dengan orang baru, mereka bisa saja menganggap kalau kita sedang marah.

Oleh sebab itu, berusahalah untuk menggunakan intonasi rendah atau yang netral.

4. Katakan Sesuatu yang Menyenangkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun