Mohon tunggu...
m dary Setiawan
m dary Setiawan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis STIAMAK Barunawati Surabaya

tolong dukung artikel ini jika menarik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Motivasi

19 Desember 2020   10:53 Diperbarui: 19 Desember 2020   10:55 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Definisi motivasi menurut saya adalah menggerakan suatu kemauan untuk mengejar tujuan atau hasil yang ingin dicapai. Untuk mencari motivasi dapat menggunakan banyak cara dengan mendengarkan masukan dari orang lain atau cerita pengalaman dari orang lain atau juga bisa dengan melihat sesuatu lalu mengimplementasikannya menjadi sebuah dorongan.

Seiring berjalan nya waktu setelah saya lulus sekolah saya melanjutkan ke jenjang lebih tinggi tapi sebelum itu saya ingin bekerja terlebih dahulu motivasi saya untuk memilih bekerja dahulu karena ingin memehuhi kebetuhan saya sendiri dengan hasil usaha saya sendiri. Motivasi ini bisa disebut dengan teori hierarki maslow  yang dimana teori ini mengemukakan kebutuhan hidup manusia dimulai dari kebutuhan yang mendasar hingga kebutuhan yang lebih tinggi.

Teori hirarki kebutuhan tersebut bisa dirangkai dalam kebutuhan fisiologis (phisological needs). Kebutuhan ini mencakup kebutuhan hidup dan kebutuhan ini adalah hal yang paling mendasar. sebagai contoh : Ketika saya ingin membeli sesuatu tanpa memberatkan orang lain hal yang akan saya lakukakan adalah bekerja untuk mendapatkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan pokok dan sekunder. 

Setelah saya bekerja beberapa bulan kemudian saya melanjutkan ke jenjang atau perguruan tinggi. Motivasi saya untuk masuk ke perguruan tinggi adalah mendapatkan gelar s1 sarjana dengan harapan mendapat pekerjaan yang layak. Motivasi ini mencakup teori kebutuhan MC clelland yang disebut dengan kebutuhan akan pencapaian (need for achievement). Kebutuhan tersebut mengiginkan sebuah pencapaian untuk diri sendiri. 

Dorongan ini membuat seseorang merasa puas Ketika memperoleh pencapaian ketimbang sebuah penghargaan dari orang lain. Tidak hanya sampai disitu motivasi ini juga memuat teori harapan vroom teori ini beranggapan bahwa orang-orang memiliki motivasi dari sebuah harapan,berharap bahwa usaha akan membuahkan hasil. Karena banyak orang yang sudah mendapatkan gelar tetapi masih tidak mengerti arah tujuan mereka.

Untuk universitas saya memilih stiamak barunawati kenapa memilih stiamak karena setelah lulus mendapatkan pekerjaan. Memang banyak universitas tetapi apakah menjamin mendapatkan sebuah pekerjaan belum tentu karena gelar bukanlah segalanya. Lagi-lagi motivasi ini berhubungan dengan teori harapan vroom teori tersebut disebut dengan instrumentally yaitu kepercayaan seseorang bahwa hasil diperoleh dari kinerja yang dilakukan.

Tidak hanya mendapatkan gelar sarjana saja tetapi dengan kuliah kita juga dapat membangun relasi. Relasi bisa didapatkan dari teman dan dosen maupun orang lain yang berada dilingkungan sekitar. Motivasi tersebut bersangkutan dengan teori ERG Aldefer (existance,related, growth) teori tersebut memili kemiripan atau keterkaitan dengan teori maslow, teori yang sama-sama memenuhi kebutuhan. Teori tersebut mengemukakan kebutuhan hubungan (relatedness needs) kebutuhan untuk memiliki hubungan dengan orang lain. Misalnya meskipun tujuan kuliah adalah mendapatkan gelar tetapi kita juga bisa membangun relasi karena dapat memperbanyak partner kita maka akan membangun hubungan yang kuat, menjadikan bisnis, memperbanyak referensi, lebih mudah untuk bekerja sama,dan lain-lain.

Motivasi saya untuk kedepan nya tahun 2021 bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya apa yang belum tercapai semoga tercapai,memiliki tujuan yang lebih matang, menjadikan hidup lebih berarti. Referensi motivasi ini saya temukan pada teori EDG Alderfer yaitu kebutuhan pertumbuhan (growth needs) keinginan utuk terus maju melangkah ke depan memiliki potensi untuk berkembang bahkan mulai dari bawah sampai menjadi yang terbaik.

Harapan ditahun depan semoga corona virus 19 segera berakhir agar semua bisa berjalan dengan lancar,maju dan sejahtera.

                

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun