Mohon tunggu...
M cahyaYudin
M cahyaYudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Saya seorang Mahasiswa program studi s1 manajemen di salah satu kampus di yogyakarta yaitu Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta dan saya cukup gemar dalam mempelajari hal hal baru dan meningkatkan value dalam diri saya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjelajahi Masa Depan SDM: Bagaimana Intelijen Data Mengubah Cara Kita Mengelola Karyawan

12 Juni 2024   13:48 Diperbarui: 12 Juni 2024   14:16 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis

1. Taufiq Zakaria 141200262 ( Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta)

2. Dr. Dra. Purbudi Wahyuni M.M (Dosen UPN Veteran Yogyakarta)

Latar Belakang

Dunia kerja terus menerus berkembang, didorong oleh kemajuan teknologi yang pesat. Salah satu tren paling signifikan yang muncul adalah pergeseran menuju model kerja yang berbasis data. Hal ini didorong oleh meningkatnya ketersediaan data dari berbagai sumber, seperti sistem HR, perangkat lunak kolaborasi, dan media sosial.

Organisasi di berbagai industri mulai memanfaatkan kecerdasan data untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang karyawan mereka. Hal ini membuka peluang baru untuk meningkatkan berbagai aspek manajemen SDM, mulai dari rekrutmen dan onboarding hingga pengembangan karyawan dan retensi talenta.

Machine Learning (ML) telah merevolusi berbagai industri, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM). Penerapan ML dalam SDM menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan pengambilan keputusan yang berbasis data. Machine Learning (ML) adalah cabang dari kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan sistem komputer untuk belajar dan meningkatkan kinerjanya tanpa diprogram secara eksplisit. 

ML bekerja dengan menganalisis data untuk mengidentifikasi pola dan tren, yang kemudian dapat digunakan untuk membuat prediksi dan keputusan. AI singkatan dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan dalam bahasa Indonesia. AI adalah teknologi yang digunakan untuk membuat mesin atau sistem komputer dapat memproses informasi dan melakukan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, seperti belajar, merencanakan, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. 

AI mencakup berbagai teknologi dan metode, termasuk machine learning, deep learning, neural network, natural language processing, computer vision, dan banyak lagi. AI digunakan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, kesehatan, manufaktur, keamanan, transportasi, dan lain-lain (Adrianus Susendi 2023)

Salah satu teknik ML yang paling umum digunakan dalam manajemen SDM adalah pemrosesan bahasa alami (NLP). NLP memungkinkan komputer untuk memahami dan memproses bahasa manusia, yang dapat digunakan untuk tugas-tugas seperti menganalisis resume, melakukan penilaian sentimen, dan mengidentifikasi kandidat yang memenuhi syarat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun