Pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan terhadap penurunan hasil usaha UMKM di Indonesia. UMKM di desa Sambigede, Kec. Sumberpucung Kab. Malang menjadi salah satu yang terdampak.Â
Untuk kembali mendorong perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM di desa, pemerintah membuat peraturan ketat tentang protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh para karyawan dan pekerja demi menjaga dan melindungi diri dari penyebaran virus.Â
Dengan adanya peraturan tersebut, diharapkan UMKM di Indonesia dapat bangkit kembali. Kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk memasarkan produk UMKM di desa Sambigede Kab. Malang, melalui media sosial, e-commerce, produk rengginang diharap dapat semakin bertumbuh.
Pada hari minggu, 5 Desember 2021, mahasiswa MBKM Universitas Negeri Malang memberdayakan salah satu Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Sambigede, yaitu UMKM Rengginang Cap Krisna milik Bu Suwin.Â
Bu Suwin merupakan seorang ibu rumah tangga sekaligus pemilik dari usaha rengginang yang berada di desa Sambigede, kecamatan Sumberpucung, kabupaten Malang. Rengginang yang diproduksi Bu Suwin terdiri dari 3 macam varian yang semuanya nikmat.Â
Ada varian bawang, terasi, dan ketan hitam, harganya berkisar antara tujuh ribu hingga sepuluh ribuan saja, sangat cocok untuk camilan ringan sehari-hari. Bu Suwin memulai usahanya sejak sepuluh tahun terakhir sampai sekarang.Â
Selama ini, dalam memasarkan usahanya Bu Suwin hanya mengandalkan berjualan secara langsung di kediaman beliau dan menawarkan ke toko-toko maupun pasar. Selain memiliki resiko yang besar dalam penyebaran virus Covid-19 beliau juga mengalami penurunan pemasukan akibat pembatasan jarak ini.
Di era serba digital ini, perlunya pemanfaatan teknologi salah satunya untuk memasarkan produk dan produk usaha dapat dikenal oleh masyarakat luas. Karena itu, kami membantu dan mengajarkan cara bertransaksi secara modern pada salah satu UMKM yang masih menggunakan cara tradisional.Â
Program kerja ini bernama "UMKM Go Digital" yang merupakan strategi digital marketing dengan memfokuskan pada brand awareness, promotion, dan pastinya marketing.Â