Mohon tunggu...
Suci Ayu Latifah
Suci Ayu Latifah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Satu Tekad Satu Tujuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Catatan Kecil Opini Revolusi 4.0 dan Pendidikan

23 Desember 2018   07:17 Diperbarui: 23 Desember 2018   07:23 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Semanjak kuliah, saya lekat membaca tulisan-tulisan opini di media massa versi cetak. Salah satu yang tak terputus, kecuali hari Minggu, saya selalu membaca tulisan opini di koran Kompas. Di sana biasanya ada 3-4 judul opini para orang-orang besar setiap harinya. karena saya orang pendidikan, saya lebih tertarik opini bertema pendidikan. 

Namun tidak menutup kemungkinan saya pun membaca opini bertema heterogen, karena selain menambah wawasan juga menambah gambaran pemikiran dan gagasan di berbagai bidang.

Nah, sebenarnya agak telat saya berbagi rangkuman opini ini. Sebuah opini yang ditulis oleh Satryo Soemantri Brodjonegoro berjudul Revolusi 4.0 dan Pendidikan. 

Berikut catatan kecil yang dapat saya salin setelah membaca opini tersebut.

Revolusi 4.0 dan Pendidikan

Satryo Soemantri Brodjonegoro

Guru Besar Emeritus ITB

1. Pendidikan adalah proses peberdayaan yang bernilai tambah, yang memampukan individu untuk lebih berkarya mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik.

2. Keberhasilan pendidikan dapat diketahuo dan dirasakan peserta didik, bukan pendidiknya apalagi pengelolanya.

3. Untuk mewujudkan individu berkarya melalui pembelajaran dilakukanlah pendekatan Student Centered Learning (SCL) dengan cara setiap peserta didik selalu belajar. Sedangkan pendidik membelajarkan bukan mengajari.

4. Pendekatan SCL terkendala karena: (1) jumlah peserta didik banyak dan (2) simplifikasi SCL bersifat administratif bukan substansi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun