Mohon tunggu...
MAYVA EKAWULANDARY
MAYVA EKAWULANDARY Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWI SV IPB PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DIGITAL DAN MEDIA

Memiliki pengalaman di bidang public relation

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UMKM dapat Terjun ke Digital Marketing? Tentu Bisa Loh!

3 Desember 2023   23:25 Diperbarui: 3 Desember 2023   23:59 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto : Screenshoot content marketing instagram UMKM Mie Ayam Coet Sukabumi

Pada awalnya perusahaan besar ataupun kecil melakukan metode pemasaran melalui iklan reklame, radio, televisi, dan media cetak. Seiring berkembangnya zaman teknologi semakin berkembang, kemunculan internet dan website membawa perubahan besar. Hal itu dimulai pada tahun 1993 spanduk digital pertama digunakan dan telah hadir Yahoo! Yang menjadi sangat popular. Sampai pada akhirnya mulai tahun 2014 hingga saat ini penggunaan smartphone semakin meningkat pesat dan banyak para pengusaha menaruh iklannya di platform online.

Digital marketing saat ini menjadi salah satu cara bagi para pengusaha khususnya pelaku UMKM yang ingi memasarkan produknya supaya dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan penjualannya. Banyak sekali jenis-jenis dari digital marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM seperti Social Media Marketing, Video Marketing, Content Marketing, dan lain sebagainya. Jenis-jenis digital marketing tersebut dapat didukung dengan penggunaan komunikasi digital dan media. 

Komunikasi digital dan media memiliki peranan penting untuk membantu kegiatan digital marketing dalam meningkatkan kesadaran merek melalui konten-konten berkualitas dengan penggunaan media sosial, website, serta platform online lainnya. 

Penggunaan media digital juga memudahkan pelaku UMKM untuk membuat target pasar yang tepat dengan mengidentifikasi audiens melalui analisis demografis, psikografis, dan perilaku online. Hal tersebut dapat membantu pelaku UMKM  memilih media yang tepat untuk melakukan kegiatan digital marketing sehingga pesan yang ingin disampaikan tercapai sesuai dengan target. Selain itu, para pelaku UMKM dapat melakukan interaksi langsung dengan calon konsumennya melalui media online hal tersebut dapat memudahkan konsumen untuk mencari informasi produk sebelum membelinya.

Penggunaan digital marketing bagi pelaku UMKM dapat dikatakan menjadi awal yang baik untuk melakukan pemasaran produk. Hal tersebut dikarenakan biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran konvesional karena pada proses awal biaya dapat disesuaikan dengan target iklan yang diinginkan. Untuk memaksimalkan penggunaan digital marketing pelaku UMKM harus bisa membuat konten yang kreatif serta berkualitas dengan menggunakan media pemasaran yang tepat. 

Para pelaku UMKM juga dapat melakukan evaluasi secara berkala untuk melihat pencapaian yang didapatkan serta apa yang belum didapatkan dari kegiatan digital marketing. Digital marketing menjadi kesempatan dan solusi yang tepat untuk UMKM mengenalkan produknya secara luas  serta mengembangkan bisnisnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun