Dalam era digital yang semakin meningkat, inovasi dalam dunia pendidikan terus berkembang. Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran. SCAR (Scrapbook Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching yang diperkaya dengan Augmented Reality Pada Materi Keberagaman Budaya) dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa program PPG Universitas Negeri Malang yang terdiri dari (1) Yuniawatika, S.Pd., M.Pd. (2) Maytha Esterya Lumban Gaol, S.Pd. (3) Ika Feny Nur Aini, S.Pd. (4) Lailatul Fitriah, S.Pd. (5) Edwin Maulana Sandya, S.Or. Â Media SCAR dikembangkan sebagai sebuah media pembelajaran yang inovatif, menggabungkan konsep scrapbook tradisional dengan teknologi AR untuk memperkaya pemahaman siswa mengenai keberagaman budaya.
SCAR merupakan sebuah media pembelajaran digital berbentuk scrapbook interaktif. Media ini dirancang dengan pendekatan culturally responsive teaching yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan menghargai keberagaman budaya. Melalui fitur Augmented Reality, SCAR mampu memberikan visualisasi secara 3D yang lebih hidup dan interaktif terkait bentuk-bentuk budaya seperti pakaian tradisional dan rumah adat dari berbagai daerah sehingga siswa dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menyenangkan.
Secara umum, SCAR memiliki beberapa spesifikasi utama, antara lain:
Platform: SCAR dapat diakses melalui perangkat mobile (smartphone atau tablet) dengan sistem operasi Android atau iOS.
Konten: Media ini berisi berbagai macam konten multimedia, seperti gambar, video, audio, dan teks yang berkaitan dengan keberagaman budaya di Indonesia seperti pakaian tradisional, rumah adat, alat musik tradisional, senjata tradisional, dan makanan tradisional.
Fitur AR: Fitur Augmented Reality pada SCAR memungkinkan siswa untuk memindai gambar atau objek tertentu dalam scrapbook dan melihat visualisasi bentuk-bentuk budaya suatu daerah atau informasi tambahan yang muncul di layar perangkat mereka.
Interaktivitas: SCAR dirancang dengan antarmuka yang user-friendly dan interaktif, sehingga siswa dapat dengan mudah menjelajahi konten dan berinteraksi dengan media.
Cara menggunakan SCAR sangat mudah. Sebelum siswa menggunakan media SCAR, siswa terlebih dahulu mengunduh aplikasi Assemblr Edu di perangkat mereka, kemudian memindai halaman scrapbook menggunakan kamera perangkat. Setelah itu, siswa dapat melihat berbagai gambar dan informasi tambahan yang muncul di layar. Siswa dapat melihat bentuk-bentuk kebudayaan secara 3D sehingga dapat dioperasikan secara langsung seperti putar ke kanan, ke kiri, ke atas, ataupun ke bawah. Selain itu fitur Augmented Reality, siswa juga dapat menggunakan media SCAR seperti membaca catatan dan melihat gambar yang disediakan langsung pada scrapbook tanpa perlu memindai kode QR. Pada penggunaan media SCAR terdapat kegiatan interaktif seperti membuka, menggeser, melipat, bagian-bagian interaksi pada media scrapbook.