Penulis Miftahur Rohmah, S.Pd
Dari TK Plus Hasyim Asy'ari Pikatan Wonodadi
CGP Angkatan 4 Kabupaten Blitar
 AKSI NYATA MODUL 3.3
 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
klik  Video Aksi nyata modul 3 Pengelolaan program yang berdampak pada murid
LATAR BELAKANG
Melihat pentingnya literasi pada anak usia dini khususnya di TK Plus Hasyim Asy'ari Pikatan, sangat terkait dengan perkembangan kemampuan berbahasa, berinteraksi dengan lingkungan atau bersosialisasi, serta perlunya mengembangkan profil pelajar pancasila Beriman, Bertaqwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia, Â mandiri, kreatif, bergotong royong, bernalar kritis, berkebinekaan global melalui program pengembangan Literasi. Hal ini dapat dipahami sebagai kemampuan anak dalam hmemahami bahasa (Reseptif) dan menyampaikan bahasa (ekspresif) serta keaksaraan awal yang saling terkait. Kemampuan memahami bahasa pada anak usia 5-6 tahun anatara lain adalah memahami beberapa perintah secara bersamaan, mengulang kalimat yang lebih kompleks, memahami aturan, dan menghargai bacaan.Â
Melalui pembiasaan literasi kepad murid akan memiliki dampak yang luar biasa untuk tumbuh dan berkembangnya kemampuan murid dalam berpikir kritis, berkebinekaan global, mandiri, serta kreatif dalam berkarya. Oleh sebab itu, sesuai denga filosofi Ki Hadjar Dewantara, tugas guru adalah menuntun murid untuk mencapai tujuan pendidikan.
PELAKSANAAN AKSI NYATA
Aksi nyata pengelolaan program yang berdampak pada murid dimaksudkan untuk mewujudkan kepemimpinan murid. Program pengembangan ACIL (Anak Cinta Literasi) melalui kegiatan membaca buku bergambar dan bercerita pada murid TK Plus Hasyim Asy'ari Pikatan dilaksanakan di ruang kelas atau di luar kelas sesuai kesepakatan murid. waktu pelaksanaan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran (intrakurikuler) setiap satu minggu dua kali di hari senin dan kamis. Namun jika murid menghendaki melakaksanakan kegiatan tambahan diluar jadwal disilakan sesuai dengan kesepakatan. Pada awalnya target kegiatan ini adalah kelas kelompok TK A Usia 4-5 tahun sebagai awal pelaksanaan program, namun karena kelompok TK B Usia 5-6 tahun juga sangat berminat maka program ini juga diterapkan, sehingga semua kelas TK Plus Hasyim Asy'ari Pikatan melaksanakan program ini.
HASIL AKSI NYATA
Hasil aksi nyata program ini adalah murid berkembang dalam hal :
- Meningkatkan minat baca murid
- Meningkatkan wawasan murid
- Mengenal huruf dan perbendaharaan kosa kata
- Mengembangkan profil pelajar pancasila
- Menyiapkan murid untuk memasuki duia sekolah selanjutnya
- Mengembangkan rasa percaya diri murid melalui kegiatan bercerita di depan rekan atau di depan orang lain.
Perasaan saya sangat senang dan bahagia saat dapat terlaksananya program ACIL di lembaga TK Plus Hasyim Asy'ari Pikatan ini. karena melalui program ACIL, Murid semakin bersemangat belajar dan menyukai buku sebagai sarana belajar dan mengembangkan literasinya. murid mampu menemukan kebahagiaannya, merasakan kenyamanan berada di sekolah dengan memberikan peluang merdeka dalam belajar membaca sesuai minatnya.
Secara keseluruhan hasil dari pelaksanaan aksi nyata menunjukkan perubahab yang cukup baik. hal ini menjadikan saya lebih menyadari bahwa memberikan peluang atau kesempatan murid dalam menyuarakan pendapat, memilih dan menstimulasi anak merasa memiliki suatu kegiatan dan menggali potensinya ini lebih bermakna sehingga ilmu dan pengetahuan mereka dapat bertambah.
Penerapan ke depan sebagai rencana perbaikan yang perlu ditingkatkan adalah :
- Mengadakan buku- buku bacaan anak sesuai tahap usia
- Menyiapkan bacaan melalui E book
- Melakukan kegiatan Literasi dengan konsisten
- Adanya membaca setiap hari