Mata Kuliah: Humas Digital
Dosen Pengampu: Marshelia Gloria Narida, S.S., M.A.
Saat ini, peran Humas dalam sebuah perusahaan maupun organisasi merupakan sebuah peran yang sangat krusial. Humas berperan sebagai komunikator antara perusahaan dan publiknya. Maka dari itu, Humas harus mampu menjalin komunikasi yang baik antara pihak internal dan eksternal perusahaan.Â
Program CSR sebuah perusahaan merupakan kegiatan perusahaan yang dapat menunjang peran seorang Humas. Cahayani dan Amalia (2024) dalam jurnalnya menuliskan kegiatan ini (CSR) dilakukan untuk membangun citra yang ada pada perusahaan di pandangan masyarakat atau publik. Â
Corporate Social Responbility merupakan sebuah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sosial dimana perusahaan tersebut berada. Perusahaan tidak saja hanya memikirkan profit saja tetapi juga harus memikirkan kemajuan kondisi lingkungan sekitarnya dalam rangka menjaga citra perusahaan.Â
Program CSR merupakan sebuah bentuk publikasi perusahaan agar lebih dikenal oleh masyarakat bahwa perusahaan tersebut bertanggung jawab dan memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sosialnya. Dengan begitu, citra perusahaan di masyarakat akan menjadi positif serta dapat menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat.
Lalu Apa Peran Humas?
Humas memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan program CSR. Dalam menjalankan program CSR, humas harus mampu menjadi fungsi manajemen yang dapat memperhitungkan perilaku publik, tentang kebijakan serta tata aturan seorang demi kepentingan publik dan merancang serta melaksanakan sesuatu program aktivitas agar mencapai tujuan, uraian serta dukungan dan evaluasi yang baik dari publiknya.
Tak hanya fungsi manajemen, humas harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam menjalankan pekerjaannya. Humas dituntut menjadi kreatif karena perannya dalam perusahaan merupakan peran yang krusial. Harus mampu menghasilkan program kerja yang inovatif dan terbaru sesuai dengan kebutuhan publiknya.Â
Dengan demikian, publik akan memiliki minat untuk terlibat dan berpartisipasi langsung sehingga menciptakan hubungan yang baik. Kreativitas humas dalam merancang program CSR sangat diperlukan agar program dan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan diterima dengan baik oleh publik.
Dalam hal ini humas harus mampu menjalankan 4 peranannya agar sebuah program CSR dapat efektif yaitu peran Humas sebagai penasihat asli, humas harus mampu mempengaruhi pendapat, sikap, sifat dan tingkah laku seseorang. Humas sebagai fasilitator komunikasi, humas harus melakukan komunikasi dua arah dan harus memposisikan dirinya dengan baik.Â
Dengan kata lain, pada peran ini humas harus mendukung pihak manajemen dalam perihal mendengar apa yang diharapkan publiknya di sisi lain humas juga dituntut sanggup menguraikan kembali keinginan, kebijakan serta ambisi organisasi kepada publiknya agar komunikasi timbal balik dapat terbentuk (Suseno A., 2021).