Mohon tunggu...
Maya Puspita
Maya Puspita Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP PGRI Campakamulya

Saya seorang pengajar bahasa Indonesia pada sekolah SMP PGRI Campakamulya kabupaten Cianjur. Makanan favorit bakso dan hobi saya ialah menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Teks Diskusi Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) Berorientasi Pendidikan Karakter

1 Maret 2024   08:00 Diperbarui: 1 Maret 2024   08:08 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DISKUSI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEANING (PjBL) BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KELAS IX SMP PGRI CAMPAKAMULYA

oleh
MAYA PUSPITA, S.Pd.
GURU SMP PGRI CAMPAKAMULYA KABUPATEN CIANJUR LPTK: UNIVERSITAS PASUNDAN

Pendahuluan

Menulis teks diskusi adalah salah satu bahan pembelajaran.Teks diskusi adalah tulisan yang mengulas sebuah masalah (isu) dengan disertai argumen/pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri oleh simpulan atau rekomendasi penulis. Priyatni, dkk. (2014,hlm.76) teks diskusi adalah teks yang membicarakan atau membahas suatu topik dari berbagai aspek untuk memberikan sudut pandang, wawasan, cakrawala yang berbeda dan lebih luas. Hidayatullah (2010:13) karakter adalah kualitas, kekutan mental, moral atau budi pekerti yang merupakan kepribadian khusus sebagai pendorong serta pembeda antar individu yang satu dengan individu yang lainnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mencoba membuat inovasi pembelajaran dalam bentuk pembelajaran menulis teks diskusi dengan menggunakan model pembelajaran PjBL (project based learning). Proses pembelajaran sebagai praktik baik dalam pembelajaran ini penting untuk disampaikan agar tuliasan ini menjadi inspirasi bagi para pendidik yang akan mengajar menulis teks diskusi di sekolah. Peran penulis dalam hal ini sebagai pendidik yang merancang dan mengajar materi menulis teks diskusi dikelas IX SMP PGRI Campakamulya Kabupaten Cianjur.

Pembahasan

Tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran menulis teks diskusi menggunakan PjBL berorientasi Pendidikan karakter adalah adalah masalah menumbuhkan minat menulis teks diskusi peserta didik masih belum maksimal, dan menumbuhkan karakter rasa ingin tahu yang harus terus dipupuk.Permasalahan itu muncul dikarenakan peserta didik masih kurang dalam kempuan literasi. Yang terlibat kegiatan ini Pendidik (Mahasiswa PPG), Dosen, Guru Pamong, dan Kepala Sekolah sebagai observer.
 

Sesuai dengan RPP yang dibuat pembelajaran aksi yang dilakukan penulis melaksanakan kegiatan. Mulai kegiatan Pendahuluan: 1).Persiapan 2).Apersepsi.3) informasi materi menulis teks diskusi. Kegiatan inti: a) peserta didik diberi pertanyaan mendasar; 1) setiap kelompok diberi tugas mencermati PPT dan video youtube menulis teks diskusi; 2) peserta didik berdiskusi menjawab pemasalahan yang berkaitan dengan topik yang sesuai tema, menyusun kerangka teks diskusi dan mengembangkan kerangka teks diskusi menjadi teks yang utuh dengan memperhatikan struktur teks dan kiadah kebahasaan;b) merancang proyek;3) peserta didik menerima LKPD; 4) peserta didik mengidentifikasi pertanyaan dalam LKPD; 5) pendidik memfasilitasi peserta didik bertanya; c) menyusun jadwal proyek; 6).durasi waktu mengerjakan LKPD; d) memonitoring peserta didik dan menguji hasil kemajuan proyek; 7) pendidik membimbing dan memantau peserta didik; 8) setiap kelompok menyunting; 9) pendidik memfasilitasi setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas dan menempelkan hasil jawaban; e) mengevaluasi pengalaman; 10) pendiodik memfasilitasi peserta didik merefleksi kesulitan dan cara mengatasi; 11) tagihan proyek; 12) peserta didik diberi soal postest; 13) Pendidik menanggapi dan menilai mengenai ketercapaian pembelajaran. Kegiatan Penutup pendidik Bersama peserta didik membuat simpulan, merefleksi, pendidik mengajukan pertanyaan secara lisan. Hasil penilaian menunjukkan capaian yang telah dicapai.

Proses pembelajaran inovatif menggunakan model pembelajaran PjBL materi teks diskusi menunjukkan hasil baik. Media pembelajaran video dari youtube mengenai menulis teks diskusi memberikan pemahaman peserta didik. Kemampuan menulis teks diskusi dan dikaitkan dengan kehidupan sehari -hari berhasil memberikan Pendidikan karakter peserta didik.peserta didik dapat mengambil karakter positif dari teks diskusi tersebut.

Dampak yang dirasakan baik bagi saya sebagai pendidik maupun peserta didik terciptanya proses pembelajaran menyenamgkan, menarik dan mudah untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.Melalui evaluasi pada akhir kegiatan pembelajaran teks diskusi menggunkan model PjBL, peserta didik merespon dengan baik merasa senang dan menarik.Respon tersebut menunjukkan aksi dilakukan dalam mengatasi permasalahan kurangnya motivasi belajar menulis teks diskusi peserta didik dapat teratasi.

Peserta didik dalam refleksi ada respon senang, sehingga model pembelajaran pjbl sangat efektif, begitupun sebelum pembelajaran materi dilakukan ujian soal pretest peserta didik secara keseluruhan belum mendapatkan nilai bagus, nilai rata-rata kelas memperoleh nilai 60 dibawah KKM dan diakhir kegitan proses belajar seperti ujian postest rata-rata memperoleh nilai 88 yaitu diatas kkm (75). Maka nilai keterampilan peserta didik pembelajaran menulis teks diskusi, dapat berpikir kritis, pada akhir pembelajaran peserta didk menunjukkan senang, tidak sulit dan menarik terhadap proses pembelajaran. Gambaran itu menunjukkan Pendidikan karakter melalui pembelajaran menulis teks diskusi menggunakan model PjBL berhasil.
 

Kesimpulan
Berdasarklan uraian di atas, disimpulkan pembelajaran menulis teks diskusi menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) berorientasi Pendidikan karakter Pembelajaran menjadi meningkat, dibuktikan dengan nilai pretest yang sebelumnya peserta didik mendapatakan nilai 60 menjadi 88 lebih dari nilai KKM yaitu 75. Peserta didik aktif tidak monoton, termotivasi dan menghasilkan tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Pembelajaran Yang sistematis ini ditetapkan berhasil. Hasil yang dicapai bisa dijadikan inspirasi bagi para pendidik yang akan mengajar teks diskusi di tingkat SMP.
 
Daftar Pustaka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun