Kegiatan tri dharma perguruan tinggi adalah tiga kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh dosen, tiga hal tersebut adalah Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut tertuang dalam undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada bulan agustus tahun 2021 Prodi Pendidikan Multimedia Kampus Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat untuk meningkatkan keterampilkan computational thinking pada guru sekolah dasar.
Pengabdian kepada Masyarakat ini berbasis pada PkM-Kepakaran Bidang Ilmu,  diketuai oleh Fahmi Candra Permana, S.Si., M.T. yang memiliki  keahilian pada bidang komputasi, sehingga kegiatan PkM berjudul "Pengenalan Computational Thinking pada Guru Sekolah Dasar". Serta tim anggota merupakan dosendari prodi pendidikan multimedia, diantaranya Intan Permata Sari, S.T., M.Ds., Maya Purnama Sari, S.Pd., M.Ds., Dian Rinjani, S.Pd., M.Ds., dan Feri Hidayatullah Firmansyah, S.Pd.,M.MT. yang secara keseluruhan memiliki kemampuan untuk melaksanakan kegiatan PkM.Â
Serta kegiatan PkM ini melibatkan mahasiswa dari prodi Pendidikan multimedia dianatranya Alifiandi Nursanni Wiriahadikusumah, Wahyu Sapto Adhi, Wineu Siti Rachmawati, Azka Zaahira Reyhan dan Regina Fitri Oktaviana, seluruh mahasiswa merupakan asisten laboratorium yang berada di prodi Pendidikan multimedia, sehingga mahasisiwa memiliki kemampuan yang sangat baik untuk berkontribusi pada kegiatan PkM.
Computational thinking adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Kerjasama yang dijalan Bersama dengan BEBRAS Indonesia biro POLBAN pada kegiatan PkM, memberikan kontribusi sebagai pemateri dalam sesi kegiatan pelatihan, Tim bebras mengajak seluruh guru untuk berperan aktif meningkatkan kemampuan berfikir komputasi agar menyiapkan generasi digital yang siap menghadapi tantangan zaman. Pemateri dari tim BEBRAS biro Polban terdiri dari Yudi Widhiyasana, S.Si., M.T., Siti Dwi Setiarini, S.Si., M.T., Muhammad Rizqi Solahuddin, S.Si., M.T.
Peserta pelatihan ini merupakan guru SD. Lab. School UPI kampus di Cibiru, dimana guru diambil sample dari setiap tingkatan mulai dari kelas 1 hingga 6 Sekolah Dasar, sebanyak 15 orang peserta. Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juni 2021 hingga 4 Agustus 2021, seluruh kegiatan dilaksanakan secara daring melalui google meeting dan google classroom.
Kegiatan sebanyak 7 kali yang diiisi dengan 5 pematerian dalam dibantu dengan media video dan diakhir dengan quiz untuk menilai hasil akhir pemahaman dari materi. 5 materi yang disampaiakn diantaranya Dasar konsep computational thinking, computational thingking pada topik Decomposition, topik Pattern Recognition, Topik Alogarithms, dan Topik Abstraction.
Seluruh peserta kegiatan pelatihan computational thinking mengikuti dengan baik seluruh kegiatan, dan mampu membaca serta mengerjakan seluruh jenis soal computational thinking. Bebebrapa guru bahkan sudah menguji cobakan soal computational thingkin kepada siswa kelas atas dalam kegiatan ice breaking, hal ini dirasa karena sebetulnya computational thingking sangat dekat dengan kehidupan dan ada dibeberapa soal pada buku pegangan, namun baru menyadari peranan keilmuan computational thingkin bagi anak sekolah dasar dalam meningkatkan kecerdasan. Sehingga guru sekolah dasar di SD Lab. UPI begitu bersemangat, dan berharap bahwa kegiatan pelatihan ini akan berlanjut pada kegiatan pelatihan membuat soal secara mandiri.
Kegiatan pelatihan diakhiri dengan terjalinnya Kerjasama dengan Bebras dan sekolah dasar, serta kegiatan  Pengabdian kepada Masyarakat menghasilkan luaran diantaranya publikasi jurnal ilmiah, publikasi media massa, perolehan hak kekayaan intelektual, produk inovasi, IPTEK dan buku yang dibagikan kepada pesertas pelatihan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H