Social-Emotional Learning (SEL) dan CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) adalah dua konsep yang erat kaitannya dan bertujuan untuk mendukung perkembangan emosional dan sosial anak, terutama di lingkungan pendidikan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kedua konsep tersebut:
Social-Emotional Learning (SEL)
Social-Emotional Learning (SEL)adalah proses di mana individu, terutama anak-anak, belajar untuk memahami dan mengelola emosi mereka, membangun hubungan yang positif dengan orang lain, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab. SEL mencakup pengembangan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti keterampilan komunikasi, empati, manajemen stres, dan penyelesaian konflik.
Ada lima kompetensi utama dalam SEL, yang meliputi:
1. Kesadaran Diri (Self-Awareness)
 Kemampuan untuk mengenali emosi, kekuatan, dan kelemahan diri sendiri serta memahami bagaimana perasaan memengaruhi perilaku dan pikiran.
2. Manajemen Diri (Self-Management) Kemampuan untuk mengelola emosi, mengendalikan impuls, dan mengatur diri untuk mencapai tujuan.
3. Kesadaran Sosial (Social Awareness)
 Kemampuan untuk memahami perspektif orang lain, menunjukkan empati, dan menghargai keragaman.
4. Keterampilan Hubungan (Relationship Skills)
Kemampuan untuk membangun hubungan yang sehat, berkomunikasi secara efektif, bekerja sama dalam kelompok, dan menyelesaikan konflik.