Robert Mills Gagne merupakan seorang lulusan Universitas Yale pada 1937 yang mendapatkan sebuah gelar Ph.D. Gagne merupakan adalah profesor dalam bidang psikoogi dan psikologi pendidikan dari Connecticut College. Selain seorang profesor Gagne juga menjabat sebagai direktur riset angkatan udara pada tahun 1949 sampai 1958.
Seperti apakah perubahan perilaku yang dimaksud oleh Gagne?
Gagne mengembangkan teorinya tentang belajar melalui sebuah asumsi bahwa pertumbuhan dan perkembangan seorang individu merupakan sebuah hasil yang diperoleh dari adanya pembelajaran yang memiliki sifat yang kompleks. Berdasarkan definisi di atas ada sebuah kesimpulan yang dapat  diambil bahwa Gagne mendifinisikan belajar adalah sebuah proses kognitif yang kompleks dan dapat mengubah sifat stimulus dari lingkungan menjadi beberapa tahapan pengelolahan sebuah informasi yang diperlukan untuk memperoleh kapasitas yang baru.
Salah satu yang menjadi faktor dari adanya proses kognitif adalah lingkungan yang merupakan faktor ensternal dalam proses belajar. Sedangkan Gagne mendifinisikan proses kognitif adalah sebuah proses dari individu yang belajar dari prasyarat bagai terciptanya sebuah belajar. Proses kognitif ini juga merupakan faktor internal dari proses belajar. Dari penjelasan diatas Gagne menjadikan proses belajar ini dibagi menjadi 2 bagian atau faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Menurut Gagne ada tiga komponen dalam belajar yang meliputi kondisi internalm kondisi eksternal, dan hasil dari belajar. Adapun kondisi eksternal adalah sebuah rangsangan yang berasal dari luar individu itu sendiri yang dapan memperngaruhi adanya stimulus dari proses belajar. Kemudian dari kondisi internal adalah keadaan yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar dan sebuah proses kognitif yang terjadi dalam individu. Yang terakhir adallah hasil belajar yaitu sebuah kemampuan internal yang menjadi wujud dari perubahan yang dihasilka dari proses belajar.
Hasil belajar menurut teori Gagne yang penting adalah bagian pengetahuan dari kemampuan baru yang membutuhkan pengetahuan sebelumnya dari kemampuan yang lebih rendah kedalam kemampuan yang baru. Karena pada dasarnya seseorang yang mendapatkan pengetahuan baru akan selalu membutuhkan kemampuan yang lama untuk mengukur seberapa banyak kemampuan yang telah diperoleh.
Pada dasarnya teori belajar Gagne merupakan sebuah teori yang dianggap seimbang dari teori behavioritstik dan teori belajar kognitif. Pengelolahan informasi dalam teori ini mencoba menjelaskan kerja memori pada diri manusia yang memiliki 3 macam sistem yaitu memori sensori yang merupakan suatu sistem yang menstimulus secara cepat sebuah ingatan yang biasanya berlngsung selama 3 sampai 5 detik. Yang kedua adalah memori kerja yaitu memori jangka pendek yang dapat menyimpan 5-9 informasi. Biasanya akan terjadi selama 15-20 detik. Yang terakhir adalah memori jangka panjang yaitu menyimpan sebuah informasi yang sangat besar dan dapat berbentuk verbal atau visual.
Kemudian fase-fase belajar menurut Gagne ada 7 : Pertama, fase motovasi yaitu pemberian harapan kepada peserta didik bahwa dengan belajar mereka kan mendapatkan sebuah reward atau hadiah. Dalam hal ini reward bukan hanya tentang pemberian hadiah berupa barang akan tetapi juga dapat berupa ucapan motivasi yang dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Kedua, fase pengenalan yaitu siswa harus melakukan sebuah kegiatan perhatian khusus pada instruksional dalam proses pembelajaran. Ketiga, fase perolehan yaitu siswa telah siap menerima pembelajaran. Karena siswa dapat mengubah sebuah informasi yang dibuat akan menjadi bermakna dan dapat dihubungkan dengan informasi yang telah ada dalam ingatannya. Keempat, fase retensi yaitu informasi baru yang diperoleh dapat dipindahkan dari memori jangka pendek kedalam memori jangka panjang. Kelima, fase pemanggilan yaitu sebuah kemampuan mengungkap informasi yang telah dimiliki dan sudah disimpan dalam ingatan. Keenam, fase generalisasi yaitu informasi yang memiliki nilai kurang apabila tidak diterapkan diluar konteks pada informasi tersebut. Ketujuh, fase penampilan yaitu para siswa harus memperlihatkan bahwa mereka telah melalui proses belajar dengan baik sehingga dapat menyajikan sebuah hasil yang memuaskan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa perubahan belajar yang dimaksudkan oleh Gagne adalah sebuah hasil yang telah didapatkan dari adanya proses belajar. Perubahan tersebut berupa peningkatan adanya pengetahuan yang dihasilkan dari adanya perbandingan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H