Mohon tunggu...
maya hafizah
maya hafizah Mohon Tunggu... Lainnya - blogger

Blogger sejak 2017, bergabung kompasiana 2023 keseharian Membaca,Menulis,Nonton.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Suka Duka Berbisnis Es Coklat 2023

19 Juni 2023   14:57 Diperbarui: 20 Juni 2023   07:13 1245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi 

Hai semua! Lama saya tidak update artikel nih, saat ini saya sedang merintis usaha es coklat, ini adalah bisnis kesekian kalinya,dan sudah berjalan 2 Minggu,buat teman teman yang mau berkunjung atau mau tanya resep boleh banget nih otw di jalan Poris indah utama kota Tangerang, langsung saja kali ini  Saya ingin berbagi suka duka saya dalam menjalankan bisnis jualan es coklat. Menyajikan es coklat telah menjadi petualangan yang penuh suka duka bagi saya. Setiap hari, saya berjumpa dengan tantangan baru, tetapi juga mendapatkan kepuasan melihat senyum dan kelezatan pada wajah pelanggan saya.

Suka Duka dalam Bisnis Jualan Es Coklat
Mari kita mulai dengan suka duka yang saya hadapi di dunia bisnis ini. Pertama, ada kepuasan tak terkatakan ketika saya melihat pelanggan menikmati setiap suapan es coklat yang saya sajikan. Melihat mereka senang dan bahagia adalah hadiah terbesar dalam bisnis ini. Saya merasa bangga ketika usaha keras saya dalam menciptakan rasa yang lezat dan tampilan yang menggoda mendapatkan apresiasi dari pelanggan setia.

Namun, tidak ada bisnis yang lepas dari tantangan, dan bisnis jualan es coklat tidak terkecuali. Salah satu tantangan utama yang saya hadapi adalah fluktuasi penjualan yang dipengaruhi oleh cuaca. Saat musim panas tiba, cuaca yang panas meningkatkan minat pelanggan terhadap es dingin. Permintaan melonjak, dan saya harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan stok yang cukup. Tapi sayangnya, saat cuaca menjadi lebih sejuk atau hujan, minat orang terhadap es coklat menurun drastis. Itu adalah saat-saat ketika saya merasa sedikit putus asa, mencoba mencari strategi baru untuk menarik pelanggan dan menghadapi tantangan musiman, dan hari ini ahirnya saya juga menyediakan coklat panas untuk tetap menarik pelanggan.

Kelebihan dalam Bisnis Jualan Es Coklat
Meskipun memiliki tantangan, ada beberapa kelebihan yang membuat bisnis jualan es coklat menjadi menarik. Salah satunya adalah potensi laba yang menguntungkan. Bahan baku untuk membuat es coklat relatif murah, dan dengan harga penjualan yang tepat, bisnis ini dapat memberikan penghasilan yang stabil. Selain itu, fleksibilitas menu juga merupakan keuntungan besar. Saya dapat bereksperimen dengan berbagai rasa, menciptakan variasi ukuran . Hal ini memungkinkan saya untuk terus memperbarui menu dan menjaga pelanggan tetap tertarik.

Kekurangan dalam Bisnis Jualan Es Coklat
Tentu saja, tidak ada bisnis yang sempurna, dan bisnis jualan es coklat pun memiliki kekurangan. Salah satunya adalah persaingan yang ketat. Banyak pengusaha lain yang juga menjual es coklat, dan yang lagi viral banget nih di tempat saya jualan es coklat ada salah satu brand es teh yang lagi naik daun yang sudah membuka lebih dari 2 cabang, di satu radar, namun saya tetap optimis jualan es coklat karena saya tidak menjual sesuatu hanya karena viral, namun saya memiliki produk bermutu dengan market pasar yang jelas. Untuk tetap relevan, saya harus berpikir kreatif dan mencari keunikan yang membedakan produk saya dari yang lain. Inovasi dalam rasa, tampilan, atau layanan menjadi kunci untuk tetap bersaing di pasar yang padat.

Pada kesimpulannya 
Menghadapi manis dan pahit dalam bisnis jualan es coklat adalah bagian tak terpisahkan dari perjalanan saya. Meskipun ada tantangan seperti fluktuasi penjualan yang dipengaruhi oleh cuaca dan persaingan yang ketat, saya tetap bersemangat dan terus berinovasi. Saya belajar untuk tidak menyerah saat cuaca tidak bersahabat atau saat penjualan menurun. Sebaliknya, saya melihat tantangan tersebut sebagai kesempatan untuk mencari solusi kreatif dan strategi baru.

Dalam menghadapi cuaca yang mempengaruhi penjualan, saya belajar untuk lebih fleksibel dalam mengatur stok dan menyediakan variasi produk musiman. Saya juga memanfaatkan media sosial dan pemasaran online untuk memperluas jangkauan pelanggan, memberikan informasi tentang produk baru, atau menawarkan promo menarik saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Kelebihan bisnis jualan es coklat seperti potensi laba yang menguntungkan dan fleksibilitas menu memberikan dorongan bagi saya untuk terus berinvestasi dalam bisnis ini. Saya selalu berupaya menciptakan es coklat dengan rasa yang istimewa, menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, dan memberikan layanan yang ramah kepada pelanggan. Saya menyadari bahwa menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan adalah kunci kesuksesan jangka panjang dalam bisnis ini.

Namun, kekurangan juga perlu diperhatikan. Persaingan yang ketat memaksa saya untuk terus berinovasi dan memperbarui konsep produk. Saya harus mengikuti tren terbaru dan selalu mencari cara baru untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, saya harus menjaga kualitas produk agar tetap konsisten dan mempertahankan reputasi yang baik.

Dalam kesimpulan, bisnis jualan es coklat adalah perjalanan yang penuh suka duka. Tantangan musiman dan persaingan yang ketat adalah bagian dari bisnis ini, tetapi kelebihan seperti potensi laba yang menguntungkan dan fleksibilitas menu membuatnya tetap menarik. Dengan semangat pantang menyerah dan kemampuan untuk beradaptasi, saya yakin bahwa bisnis jualan es coklat saya akan terus berkembang dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun