Pariwisata selain memberikan joy and happiness kepada masyarakatnya dalam mengetahui sesuatu hal yang menarik, pariwisata juga memiliki fungsinya dalam memberikan joy and happiness pula bagi pihak pemerintah atau negara tertentu dalam menciptakan promosi citra nasional di kancah internasional.
Pariwisata memberikan kesadaran bagi masyarakat global mengenai potensi dari negara itu sendiri, melihat keanekaragaman budaya, sumber daya alam yang melimpah, keindahan alam yang sangat indah nan beragam, sekaligus memperkenalkan karakter masyarakat Indonesia yang ramah dan beretika.
Pariwisata menjadi salah satu strategi efektif yang dapat dilakukan suatu negara dalam membentuk sekaligus melawan stereotip mengenai Indonesia yang kurang baik di mata dunia, sehingga strategi ini menjadi andalan bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dalam menerapkan Diplomasi Publik-nya melalui Diplomasi Pariwisata.
Mengetahui akan potensi yang dimiliki Indonesia, dimanfaatkan-nyalah pariwisata tersebut selain sebagai peningkatan citra namun sebagai strategi peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Pariwisata secara langsung akan menciptakan UMKM atau lapangan kerja bagi masyarakat lokal, berdampak pada pendapatan negara dari hasil jual beli dan pertukaran mata uang asing yang memicu pertumbuhan pembangunan infrastruktur nasional yang lebih memadai.
Diikuti oleh perkembangan budaya yang semakin 'maju' kepemilikan sumber daya tidak cukup untuk dapat memberikan kebermanfaatan pariwisata tersebut secara optimal datang pada Indonesia. Tantangan dari segi kreativitas, keefisienan dan pengembangan minat Pariwisata Indonesia bagi masyarakat lokal juga perlu ditekankan. Hal ini akan mendorong citra nasional yang lebih kuat dan memicu ketertarikan warga asing dalam mengetahui seluk beluk Indonesia lebih dalam akan budaya, keindahan alam apa saja yang Indonesia punya, sekaligus pembentukan asumsi dan perspektif warga global terhadap Indonesia yang Wonderful.
Terbentuklah kampanye pariwisata andalan Indonesia "Wonderful Indonesia" yang diluncurkan pada tahun 2010 yang menjadi cikal bakal promosi indonesia kreatif dalam industri pariwisata sekaligus budayanya ke kancah internasional melalui keikutsertaan aktif Indonesia dalam pameran pariwisata global.
"Wonderful Indonesia" secara tidak langsung mencerminkan keunikan dan kekayaan indonesia, dari makna kata wonderful karena mempresentasikan kekaguman dan keunikan Indonesia. Kata ini memiliki makna akan membangkitkannya rasa penasaran sekaligus minat wisatawan untuk menjelajahi berbagai keindahan alam, budaya dan keramahan Indonesia. Mulai dari hutan hujan yang lebat, pulau-pulau kecil yang eksotis, hingga keragaman hayati dan budaya yang masih sangat kental diterapkan di masyarakat lokal.
Wonderful juga memiliki makna kata emosi positif akan kegembiraan dan kekaguman akan wisata alam yang disuguhkan langsung oleh Indonesia, dan memberikan rasa trust pada wisatawan untuk dapat mengalami sendiri akan keajaiban dan keindahan Indonesia.
Dari segi citra global, Wonderful membantu mempromosikan Indonesia sebagai salah satu negara yang berpotensi sebagai pesaing global dalam industri pariwisata.
Untuk itu, Indonesia secara aktif ikut serta dalam berbagai pameran pariwisata global sepanjang tahun. Di tahun 2024 Indonesia telah mengikuti beberapa pameran Global, seperti FITUR 2024 (Feria Internacional de Turismo) di Madrid, Spanyol, ISEA Tourism Conference & Expo 2024 di Ha Long Bay, Vietnam, ITB Berlin 2024 di Berlin Jerman, dan WTM London 2024 di London, Inggris.Â