adalah konsep yang berkaitan erat dengan pembelajaran yang fokus pada perkembangan sosial-emosional anak. Keduanya berperan penting dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola emosi, berinteraksi dengan orang lain, serta membuat keputusan yang sehat dan bertanggung jawab. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai SEL dan CASEL:
### **1. Social-Emotional Learning (SEL)**
**Social-Emotional Learning (SEL)** adalah proses di mana anak-anak dan remaja belajar untuk mengelola emosi mereka, mengembangkan hubungan yang positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. SEL membantu individu untuk menjadi lebih sadar akan diri mereka sendiri dan orang lain, meningkatkan keterampilan sosial, serta berkontribusi pada pengembangan karakter yang positif.
#### **Komponen Utama SEL:**
Menurut konsensus di banyak literatur, SEL biasanya melibatkan lima kompetensi utama yang penting bagi perkembangan sosial-emosional anak:
 Â
1. **Kesadaran Diri (Self-Awareness):**
  - Kemampuan untuk mengenali emosi diri sendiri dan bagaimana perasaan tersebut mempengaruhi pikiran dan perilaku.
  - Meningkatkan rasa percaya diri dan pemahaman terhadap kekuatan serta kelemahan diri.
2. **Pengelolaan Diri (Self-Management):**
  - Kemampuan untuk mengelola emosi, perilaku, dan stres dengan cara yang positif.