Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Jawab :
Pada awal sebelum mempelajari topik ini saya sempat berfikir bahwa materi ini rumit untuk dipelajari. Materi ini belajar tentang pendekatan dengan berdasarkan pada ZPD (Zone of Proximal Development). Saya sudah berfikir bahwa materi ini sangat bermanfaat untuk saya hal ini dikarenakan materi ZPD mempelajari mengenai strategi, metode dan teknik apa saja yang cocok untuk diintegrasikan dalam proses pembelajaran.
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?Â
Jawab :
Yang saya pelajari dari konsep pada topik ini yaitu perlunya peran orang dewasa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan para peserta didik. Di sekolah, peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyelesaikan masalah. Sehingga peserta didik dapat lebih paham untuk bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyelesaikan atau memecahkan masalah.
Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Jawab :
Yang dipelajari lebih lanjut dalam ruang kolaborasi yaitu mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang calon pendidik profesional berdasarkan ZPD. Pentingnya seorang guru untuk memiliki kesiapan dan kemampuan sebelum belajar. Tidak hanya itu saja, peserta didik juga diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan interasi sosial peserta didik dalam rangka mengembangkan potensi belajar.
Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?Â
Jawab :
Hal penting yang saya pelajari dari demonstrasi kontekstual yaitu bagaimana bisa menggunakan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Berdasarkan pada ZPD mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran dan persiapan apa saja yang dilakukan oleh guru. Dari demonsrasi kontekstual juga mempelajari bagaimana penerapan pembelajaran berdasarkan pada ZPD. Jika menerapkan ZPD pada proses pembelajaran tentu akan berpengaruh kepada kualitas pembelajaran sehingga akan lebih optimal.
Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?Â
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Jawab :
Hal baru yang saya pahami dari pemahaman sebelum pembelajaran dimulai bahwa pentingnya sebagai guru memiliki kesiapan mengajar dengan memperhatkan pembelajaran pada Zone of Proximal Development (ZPD). Tujuan nya agar peserta didik dapat lebih mengembangkan pemahaman, keterampilan dan kemampuan dengan bimbingan yang dilakukan oleh guru pada konsep ZPD dalam proses pembelajaran.
Saya menjadi lebih paham bahwa perbedaan kemampuan peserta didik itu beragam. Sehingga untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik, guru menerapkan pembelajaran dengan ZPD.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?Â
Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu jika dihadapkan pada kondisi mengajar peserta yang berkebutuhan khusus bagaimana cara menerapkan konsep pembelajaran dengan ZPD pada peserta didik.
Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?Â
Jawab :
Setiap anak memiliki latar belakang dan kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Dalam hal ini guru dapat memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, metode dan strategi yang tepat untuk peserta didik.
- Filosofi Pendidikan Indonesia
Mata kuliah ini sama-sama memberikan pemahaman mengenai peserta didik yang unik dengan koratnya masing-masing. Sehingga sebagai guru penting sekali untuk memperhatikan metode dan strategi yang tepat agar mendukung pembelajaran yang memerdekakan peserta didik sekakigus bermakna.
- Pemahaman tentang peserta didikÂ
Pemahaman peserta didik juga berkaitan dengan mata kuliah perspektif sosiokultural.. Berdasarkan hal tersebut juga sebagai pendidik diperlukan untuk memahami teori-teori belajar agar nantinya pendidik dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dengan ZPD.
- Prinsip Pengajaran dan Asesmen
Mata kuliah ini dengan perspektif sosiokultural sangat berkaitan. Karena sebelum menerapkan ZPD maka pendidik harus telebih dahulu observasi terlebih dahulu dan melakukan asesmen diagnostik dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana karakteristik, kemampuan dan kebutuhan peserta didik yang akan diampu.
Dalam ZPD peserta didik dapat eningkatkan kemampuannya dengan berkolaborasi dengan orang lain atau teman sebaya. Jadi proses pembelajaan dengan ZPD akan melatih interaksi sosial yang membantu peserta didik untuk bisa mengekplorasi apa yang ingin dipelajari lebih dalam untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?Â
Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai calon pendidik profesional sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan karena sebelumnya telah mempertimbangkan berbagai aspek karakteristik kelasnya.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?Â
Dalam skala 8 kesiapan saya saat ini. Karena masih dalam tahap mempersiapkan diri.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?Â
Yang perlu saya siapkan yaitu merancang pembelajaran yang matang da terstruktur sehingga dapat menerapkan tujuan pembelajaran dengan strategi dan metode pembelajaran yang tepat untuk peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H