Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
Jawab :
- Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran yaitu saya pikir pembelajaran ini menarik karena mengajarkan bagaimana materi sosiokultural yang akan diperoleh nanti akan diimplementasikan di kelas. Sebelum proses pembelajaran ini saya sudah tertarik dan semangat. Hal ini dikarenakan semangat untuk mempelajari bagaimana menjadi pendidik yang memperhatikan karakteristik peserta didik dengan berlatar belakang sosial, budaya, ekonomi yang berbeda-beda.
Eksplorasi Konsep
 Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawab :
- Yang saya pelajari dari konsep pada topik satu ini mengenai bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik mempengaruhi perjalanan pendidikan di Indonesia. Selain itu, saya juga mempelajari bagaimana pandangan saya terhadap berbagai kasus yang tersedia dalam LMS (Learning Management System) sebagai seorang pendidik. Beberapa hal lainnya yang saya pelajari dari konsep ini yaitu bagaimana nantinya saya harus berusaha untuk memahami kebutuhan peserta didik yang memiliki keunikan bakatnya masing-masing dengan keadaan ekonomi, sosial, budaya maupun politiknya.
Ruang Kolaborasi
 Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
- Yang saya pelajari lebih lanjut bersama teman-teman dalam ruang kolaborasi yaitu menganalisis video dengan melihat faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik itu penting dan mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran. Tidak hanya itu saja, mempelajari bagaimana faktor-faktor tersebut dipertimbangkan dan kemudian selanjutnya diterapkan ke dalam strategi pembelajaran. Mempelajari bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran serta dapat mengembangkan diri saya untuk menjadi pendidik yang baik.
Demonstrasi KontekstualÂ
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
- Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok maupun pembelajaran dari rekan yaitu dengan mempelajari faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi saya sebagai calon pendidik di masa depan untuk menjadi pendidik yang baik. Berdasarkan kelompok lain misalnya dari video pengajar muda di Kalimantan, walaupun ada keterbatasan tetap dapat melakukan kolaborasi dan memanfaatkan media untuk memberikan pengajaran dan pembelajaran dengan memanfaatkan alam sekitarnya. Adapula pembelajaran lainnya dari kelompok rekan yaitu mengenai video pengajar muda di Lebak Banten. Hal penting yang dapat menjadi pembelajaran yaitu saat pengajar muda aktif di salah satu sekolah di Kabupaten Lebak berusaha untuk menjadi sosok guru yang memfasilitasi segala kebutuhan bakat dan minat peserta didik walau dalam kondisi keterbatasan akses teknologi. Mayoritas anak-anak disana memiliki hobi sepak bola dapat menciptakan inisiatif dengan membuat sekolah sepak bola bagi seluruh anak-anak yang memiliki ketertarikan di dunia sepak bola. Terakhir yaitu pada materi diri sendiri mengenai pengajar muda yang memberikan pendidikan dan pengajaran di Majene. Hal penting yang menjadi pembelajaran bagi saya yaitu mengenai faktor sosial di desa tersebut yang rasa kekeluargaannya begitu erat ditunjukkan dengan sikap yang saling peduli terhadap sesama dan berbagi. Selain itu, faktor budaya di daerah tersebut menjadi hal penting yang saya dapatkan yaitu dalam kondisi dan situasi keterbatasan sekalipun tetap gigih peserta didik di daerah tersebut untuk berlatih tarian tradisional salah satunya tari saman. Serta, faktor ekonomi mayoritas masyarakat di Majene dengan beternak bebek agar bisa meningkatkan ekonomi untuk memberikan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi bagi anak-anaknya.
Elaborasi Pemahaman
 Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Jawab :
- Â Sejaiuh ini yang sudah saya pahami terkait topik ini yaitu bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi perjalanan pendidikan di Indonesia. Tidak hanya itu saja, saya memahami bagaimana pendidikan multikulturisme, mediasi dan potensi belajar. Memahami terkait teori sosiokultural sebagai alat psikologis dan mediasi dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Selain itu saya juga memahami teori sebelumnya mengenai sosiokultural sebagai guru dapat memahami bagaimana kenyataan peserta didik terdiri dari keberagaman sosial budaya.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?Â
Jawab :Â
- Pemahaman awal saya yaitu sebelum mempelajari topik ini bahwa hanya peran guru BK saja yang dapat melakukan mediasi kepada peserta didik di sekolah. Akan tetapi, setelah mempelajari topik ini bahwa setiap pendidik penting untuk memiliki pemahaman mengenai mediasi. Hal ini dikarenakan peserta didik terdiri dari budaya, ekonomi dan karakteristik yang beragam. Hal baru lainnya yang saya pahami dari mata kuliah perspektif sosiokultural yaitu sebagai seorang pendidik di masa depan jika mempelajari mengenai pendidikan multikultural akan meminimalisir adanya perlakuan diskriminasi, etnosentrisme dan sukuisme di sekolah. Selain itu, yang saya pahami yaitu mengenai bagaimana pendidik dapat membangun hubungan yang harmonis dengan peserta didik dan menjadi pendidik yang adil menghormati semua pihak yang terlibat dalam mediasi.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?Â
Jawab :
- Hal yang ingin dipelajari lebih lanjut yaitu bagaimana caranya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik di tengah keberagaman latar belakang budaya, sosial dan ekonominya. Serta ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana saya sebagai seorang pendidik di masa depan dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk tidak melakukan tindakan diskriminasi di tengah maraknya kasus bullying yang dilakukan antar teman sebaya yang berdampak pada ketidaknyamanan proses pembelajaran di sekolah.
Koneksi Antar Materi
 Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?Â
Jawab :Â
Yang saya pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah yang lain yaitu diantaranya :Â
➢ Mata Kuliah Filosofi Pendidikan IndonesiaÂ
- Yang sudah saya pelajari adanya keterkaitan antara mata kuliah Perspektif Sosiokultural dengan Mata Kuliah Filosofi Pendidikan yaitu adanya kesamaan dalam materi yang membahas mengeni sejarah perjalanan pendidikan di Indonsia sebelum dan sesuah kemerdekaan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu sosial, budaya, ekonomi dan politik. Selain itu yang sudah dipelajari juga yaitu pembelajaran di kelas perlu menyesuaikan dengan kemampuan dan latar belakang peserta didik agar menciptakan pembelajaran yang memerdekakan peserta didik sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.Â
➢ Mata Kuliah Teknologi Baru Dalam Pengajaran dan Pembelajarannya
- Yang sudah saya pelajari adanya keterkaitan antara mata kuliah Perspektif Sosikultural dengan Mata Kuliah Teknologi Baru Dalam Pengajaran dan Pembelajarannya bahwa sebagai calon pendidik di masa depannanti perlunya menguasai teknologi. Hal ini dikarenakan dengan menguasai teknologi digital dapat memberikan pembelajaran yang interaktif dan menarik kepada peserta didik bisa dengan mengintegrasikan budaya.Â
➢ Mata Kuliah Pemahaman Peserta DidikÂ
- Yang sudah saya pelajari adanya keterkaitan antara Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik dengan Perspektif Sosiokultural. Kedua mata kuliah tersebut saling terhubung karena mempelajari bagaimana pendidik harus mengobservasi terlebih dahulu peserta didik yang memiliki latarbelakang sosial, budaya, ekonomi yang beragam sehingga guru harus memahami karakteristik peserta didiknya masing-masing.Â
➢ Mata Kuliah Prinsip Pengajaran Dan AsesmenÂ
- Yang sudah saya pelajari yaitu adanya koneksi antara Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen dengan Perspektif Sosiokultural terlihat pada rancangan pembelajaran dan asesmennya. Sebagai calon pendidik di masa depan perlunya mrancang pembelajaran maupun asesmen yang akan diajarkan di dalam kelas harus sesuai dengan karakteristik peserta didik. Saya sudah menggambarkan koneksi antar materi mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik pada tugas sebelumnya dalam bentuk mindmap. Pada mindmap yang telah saya buat bahwa adanya keterkaitan mata kuliah satu sama lain terhadap perspektif sosiokultural dalam pendidikan. Beberapa mata kuliah tersebut diantaranya yaitu filosofi pendidikan indonesia, teknologi baru dalam pembelajaran dan pengajarannya, pemahaman peserta didik, prinsip pengajaran dan asesmen yang saing terhubung dan mendukung satu sama lain.Â
Aksi Nyata
 Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?Â
Jawab :Â
Pembelajaran ini memberikan manfaat untuk bekal dan kesiapan saya sebagai guru nantinya yaitu dalam merancang pembelajaran dengan berorientasi kepada peserta didik, menjadi pendidik yang dalam proses pembelajarannya mempertimbangkan latar belakang budaya dan berusaha untuk menjadi pendidik yang baik.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?Â
Kesiapan saya saat ini dalam skala 8. Hal ini dikarenakan saya masih terus belajar dan berusaha untuk mempersiapkan diri.Â
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?Â
Agar bisa menerapkan dengan optimal saya perlu memperbanyak referensi bacaan atau video yang membahas tentang keberagaman sehingga nantinya dapat menerapkan dalam pembelajaranÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H