Mohon tunggu...
MAWAR FAHIRA
MAWAR FAHIRA Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Prajabatan Gel.1 Tahun 2023

Mawar Fahira., S.Pd.Gr

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Topik 1 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural

22 Februari 2024   17:45 Diperbarui: 22 Februari 2024   17:53 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawab :

  • Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran yaitu saya pikir pembelajaran ini menarik karena mengajarkan bagaimana materi sosiokultural yang akan diperoleh nanti akan diimplementasikan di kelas. Sebelum proses pembelajaran ini saya sudah tertarik dan semangat. Hal ini dikarenakan semangat untuk mempelajari bagaimana menjadi pendidik yang memperhatikan karakteristik peserta didik dengan berlatar belakang sosial, budaya, ekonomi yang berbeda-beda.

Eksplorasi Konsep

 Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawab :

  • Yang saya pelajari dari konsep pada topik satu ini mengenai bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik mempengaruhi perjalanan pendidikan di Indonesia. Selain itu, saya juga mempelajari bagaimana pandangan saya terhadap berbagai kasus yang tersedia dalam LMS (Learning Management System) sebagai seorang pendidik. Beberapa hal lainnya yang saya pelajari dari konsep ini yaitu bagaimana nantinya saya harus berusaha untuk memahami kebutuhan peserta didik yang memiliki keunikan bakatnya masing-masing dengan keadaan ekonomi, sosial, budaya maupun politiknya.

Ruang Kolaborasi

 Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

  • Yang saya pelajari lebih lanjut bersama teman-teman dalam ruang kolaborasi yaitu menganalisis video dengan melihat faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik itu penting dan mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran. Tidak hanya itu saja, mempelajari bagaimana faktor-faktor tersebut dipertimbangkan dan kemudian selanjutnya diterapkan ke dalam strategi pembelajaran. Mempelajari bagaimana faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran serta dapat mengembangkan diri saya untuk menjadi pendidik yang baik.

Demonstrasi Kontekstual 

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

  • Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok maupun pembelajaran dari rekan yaitu dengan mempelajari faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dapat mempengaruhi saya sebagai calon pendidik di masa depan untuk menjadi pendidik yang baik. Berdasarkan kelompok lain misalnya dari video pengajar muda di Kalimantan, walaupun ada keterbatasan tetap dapat melakukan kolaborasi dan memanfaatkan media untuk memberikan pengajaran dan pembelajaran dengan memanfaatkan alam sekitarnya. Adapula pembelajaran lainnya dari kelompok rekan yaitu mengenai video pengajar muda di Lebak Banten. Hal penting yang dapat menjadi pembelajaran yaitu saat pengajar muda aktif di salah satu sekolah di Kabupaten Lebak berusaha untuk menjadi sosok guru yang memfasilitasi segala kebutuhan bakat dan minat peserta didik walau dalam kondisi keterbatasan akses teknologi. Mayoritas anak-anak disana memiliki hobi sepak bola dapat menciptakan inisiatif dengan membuat sekolah sepak bola bagi seluruh anak-anak yang memiliki ketertarikan di dunia sepak bola. Terakhir yaitu pada materi diri sendiri mengenai pengajar muda yang memberikan pendidikan dan pengajaran di Majene. Hal penting yang menjadi pembelajaran bagi saya yaitu mengenai faktor sosial di desa tersebut yang rasa kekeluargaannya begitu erat ditunjukkan dengan sikap yang saling peduli terhadap sesama dan berbagi. Selain itu, faktor budaya di daerah tersebut menjadi hal penting yang saya dapatkan yaitu dalam kondisi dan situasi keterbatasan sekalipun tetap gigih peserta didik di daerah tersebut untuk berlatih tarian tradisional salah satunya tari saman. Serta, faktor ekonomi mayoritas masyarakat di Majene dengan beternak bebek agar bisa meningkatkan ekonomi untuk memberikan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi bagi anak-anaknya.

Elaborasi Pemahaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun