Mohon tunggu...
Maura W
Maura W Mohon Tunggu... Duta Besar - 🤟🏼

punten

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Geladi Hominisasi UNPAR

26 Maret 2022   01:34 Diperbarui: 26 Maret 2022   01:36 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan geladi Hominisasi ini diadakan pada tanggal-tanggal yang telah ditentukan. Saya mengikuti kegiatan geladi pada tanggal 19 Maret 2022. Sebelum mengikuti kegiatan geladi Hominasasi, saya ditugaskan untuk membuat tugas yang telah diberikan melalui email yang dicantumkan. tugas pra geladi Hominisasi yang diberikan yaitu berupa google form. Di dalam form tersebut terdapat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kebangsaan Indonesia, salah satunya tentang lagu Indonesia Raya. Setelah mengerjakan tugas tersebut, saya mendapatkan email baru yang berisikan tentang kegiatan geladi Hominisasi beserta dengan pembagian kelompok dan topik yang didapat.

Saya mengikuti setiap rangkaian kegiatan geladi Hominisasi. Di kegiatan tersebut, diawali dengan pembukaan dengan memperkenalkan dosen-dosen yang menjadi pembina. Lalu, diperkenalkan dan dijelaskan juga tentang kegiatan geladi Homonisasi ini seperti apa dan tujuan-tujuan yang ingin disampaikan melalui kegiatan ini. Setelahnya, mulai masuk ke dalam sesi diskusi kelompok yang diberi tugas untuk melakukan presentasi terkait dengan topik yang didapat. Di dalam diskusi kelompok, kita semua wajib berpartisipasi dalam emnuangkan ide dan pendapat individu untuk menentukan cara presentasi yang ingin dilakukan. Lalu, saya juga ikut membantu dalam mencari bahan-bahan atau data-data informasi tentang topik yang akan kelompok saya presentasikan. Dalam berdiskusi kelompok merupakan kegiatan yang seru karena saya dapat mengenal mahasiswa dan mahasiswi lain di luar jurusan dan fakultas. Singkatnya di dalam kelompok bisa mendapat relasi baru.

Setelah berdiskusi, kelompok diwajibkan untuk menampilkan hasil diskusi yang telah dilakukan beserta topik yang dibawa. Kelompok saya menyampaikan topik yang kami dapat dengan baik. Saya juga menyimak dan mendengarkan kelompok-kelompok lain yang melakukan hal yang sama, menyampaikan hasil yang telah didiskusikan. Setelah semua kelompok telah mempresentasikan, beberapa akan dipilih sebagai yang terbaik dan nantinya akan dipresentasikan lagi di main roomnya, karena sebelumnya dibagi menjadi beberapa room karena kelompok yang cukup banyak. Akhirnya, kegiatan geladi Hominisasi selesai dengan penutup oleh dosen-dosen yang menjadi pembina.

Selama rangkaian kegiatan ini, saya mendapat banyak hal. Salah satunya tentang antusias. Setiap individu harus memiliki antusias dalam segala hal. Terutama dalam hal menyampaikan sesuatu atau seperti presentasi. Ketika ingin melakukan presentasi, saya harus memiliki antusias terlebih dahulu agar hal-hal yang ingin disampaikan melalui presentasi tersebut bisa disampaikan dengan abik dan jelas. Selain itu juga, dalam berbicara atau menyampaikan sesuatu harus bisa dengan tutur bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Itu semua juga dibutuhkannya logika yang kuat.

Logika dan Bahasa itu penting. Logika dipakai untuk berpikir secara logis, dengan kata lain masuk akal. Apapun yang ingin kita sampaikan atau yang ingin diungkapkan, semua bisa dilakukan melalui bahasa. Namun, dalam berbahasa dibutuhkan logika agar bisa dibahasakan dengan baik dan tersampaikan dengan jelas apa yang ingin disampaikan atau diungkapkan. Sebagai warga negara, pastinya butuh untuk mengeluarkan pendapat atau ide atau gagasan-gagasan yang dimiliki. Itu semua dibutuhkan bahasa dan logika yang sejalan agar dalam penyampaian pendapat tersampaikan dengan jelas dan mudah dipahami.

Setelah mengikuti kegiatan geladi hominisasi, saya jadi lebih percaya diri. Biasanya dalam melakukan presentasi atau ingin menyampaikan pendapat, saya masih sedikit ragu-ragu. Masih sulit untuk bisa lebih berani dalam berbicara, terutama berbicara dihadapan banyak orang. Namun, dengan mengikuti kegiatan geladi Hominisasi ini, saya jadi paham tentang antusias dan kepercayaan terhadap diri sendiri dalam mempresentasikan sesuatu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun