Mohon tunggu...
Maulini Anggeriani
Maulini Anggeriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Manajemen Univ Trilogi

Artikel tentang Komunikasi Pemasaran yang Menarik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memanfaatkan Gadget di Era Pandemi Sekarang Menggunakan Strategi Pemasaran

11 Juli 2022   00:00 Diperbarui: 11 Juli 2022   17:23 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini dimuat "untuk memenuhi tugas UAS Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran yang diberikan oleh Dosen Pengampu, Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo.

Semakin meningkatnya angka penularan virus Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil kebijakan agar seluruh masyarakat Indonesia menerapkan untuk menjaga jarak sosial atau yang sering kita kenal social distancing. Kebijakan itu akhirnya membuat banyak perusahaan, sekolah dan kegiatan yang memerlukan interaksi secara langsung harus di hindari dan menerapkan work from home dan online-learning di setiap kegiatannya. 

Banyak pebisnis resah akibat pandemi. Pasalnya, hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Pada masa ini, banyak orang merasa khawatir dan cemas dengan segala ketidak pastian yang ada. Beberapa orang terdampak langsung dengan pandemi ini. Persaingan usaha yang semakin ketat di era globalisasi harus disikapi oleh para pelaku bisnis/usaha dengan menerapkan langkah-langkah strategis bagi kelangsungan usahanya.

Kondisi pasar juga sebelum dan saat pandemi Covid-19 tentu saja mengalami perubahan yang signifikan dan hal inilah yang ditakutkan banyak pengusaha pengusaha  tentang stabilitas perusahaannya atau bisnis yang dijalaninya saat ini. Namun, hal yang terjadi saat ini bisa diatasi oleh perusahaan jika mereka memiliki strategi komunikasi marketing bisnis yang  modern dan mengikuti jaman. Lalu bagaimana caranya dan apa sajakah yang harus disiapkan untuk melanjutkan bisnisnya di era pandemi saat ini?

069168400-1531891140-bisnis-online-62cbe5611cc83d4f3933ba82.jpg
069168400-1531891140-bisnis-online-62cbe5611cc83d4f3933ba82.jpg
1. Manfaatkan Media Sosial

Saat masyarakat yang harus terpaksa menjaga jarak atau sosial distancing, media sosial mampu menjadi hiburan yang bisa mereka akses. Pemilihan media sosial juga mampu untuk mengembangkan bisnis yang saat ini masih buka dengan melakukan medium komunikasi marketing yang harus disesuaikan kebutuhannya. Jika dalam membuka usaha target pasar yang di tentukan ialah para remaja-dewasa muda, platform atau aplikasi yang sesuai adalah Instagram, Twitter, hingga Tiktok yang  saat ini sangat pesat pemasarannya.  dan jika usaha yang dibangun saat initertuju pada usia dewasa hingga lebih tua umur nya Aplikasi  Facebook lah yang tepat untuk mempromosikan nya.

2. Menggunakan Berbagai Media ataupun Website Sekaligus

Strategi komunikasi marketing bisnis akan lebih maksimal apabila Perusahaan memaksimalkan media ataupun website di internet.  website sangat berpengaruh dalam meraih brand awareness konsumen. Website yang berupa link mempermudah konsumen untuk dapat langsung tertuju kepada perusahaan untuk mempertanyakan hal hal yang berhubungan dalam penjualan.

3. Menambah dan Memperbarui Strategi Perusahaan 

Tren yang berkembang pesat dalam dunia  internet bergerak begitu cepat, sehingga dalam melakukan perubahan ataupun menambah  strategi harus sesuai dengan tren dan topik yang ada agar lebih update dan berkembangnya perusahaan dengan menggunakan berbagai info dari medsos perusahaan dapat mengetahui dengan cepat apa saja yang terbaru terjadi saat ini.

4. Melakukan empati perusahaan kepada Konsumen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun