Mohon tunggu...
MAULIDIN MAULIDIN
MAULIDIN MAULIDIN Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi Olahraga, Menulis, dan Travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Transformasi Diri Melalui Paskibraka, Kisah Sukses Membentuk Karakter Siswa

20 Agustus 2024   08:21 Diperbarui: 20 Agustus 2024   08:39 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Perkenalkan, saya Maulidin, Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kota Banda Aceh yang mengajar Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Saya adalah orang yang senang belajar  hal baru dan melihat tantangan sebagai peluang. Kisah transformasi diri melalui Paskibraka yang saya alami selama beberapa tahun terakhir ini telah membuktikan bahwa di balik seragam putih-merah yang gagah dan gerakan yang presisi, terdapat proses pembentukan karakter siswa yang luar biasa. Tahun ini, salah satu siswa binaan saya berhasil lolos seleksi tingkat provinsi, menambah deretan panjang keberhasilan Paskibraka binaan saya. Sebelumnya, pada tahun 2023, satu siswa binaan saya juga berhasil lolos tingkat provinsi, dan pada tahun 2022, lima siswa binaan saya berhasil meraih prestasi serupa.

Keberhasilan ini bukan hanya menunjukkan kualitas pelatihan yang diberikan, tetapi juga menunjukkan dampak positif Paskibraka dalam membentuk karakter siswa. Paskibraka bukan sekadar latihan baris-berbaris. Di balik setiap gerakan yang presisi, tertanam nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, dan rasa nasionalisme. Siswa dilatih untuk mematuhi aturan, bekerja sama dalam tim, dan menanamkan rasa cinta tanah air.

Sebagai pembina, saya berusaha untuk menjadi teladan bagi siswa. Saya menunjukkan sikap disiplin, semangat juang, dan rasa cinta tanah air. Saya juga selalu memotivasi mereka untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuan. Paskibraka bukan hanya tentang meraih prestasi. Lebih dari itu, Paskibraka menjadi wahana untuk membentuk karakter siswa, membangun mental yang kuat, dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa. Melalui Paskibraka, siswa dilatih untuk menjadi generasi muda yang berakhlak mulia, disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Prestasi yang diraih oleh siswa binaan saya merupakan bukti nyata dari transformasi diri yang terjadi melalui Paskibraka. Mereka tidak hanya menjadi generasi muda yang berprestasi, tetapi juga menjadi teladan bagi teman-temannya. Saya percaya, Paskibraka akan terus melahirkan generasi muda yang berkualitas, yang siap menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Semoga pengalaman saya ini dapat menginspirasi para pembina Paskibraka lainnya untuk terus mengembangkan program yang berdampak positif bagi siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun