Dalam reportase kali ini saya akan membahas tentang bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran....
Menurut Warsono dan Hariyanto (2012) dalam buku "Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini" (2019) mendefinisikan bahwa evaluasi adalah suatu proses untuk membuat ringkasan, mengikhtisarkan dan menafsirkan bukti-bukti akademik yang telah dikumpulkan serta membuat pertimbangan proffesional berlandaskan informasi yang dikumpulkan tersebut.
Tujuan dilakukannya evaluasi yaitu untuk mengetahui apakah bahan-bahan pelajaran yang disampaikan oleh pendidik selama ini sudah dikuasi oleh peserta didik atau belum. Menurut Febriana (2021) tujuan evaluasi adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan memberikan keputusan terhadap suatu program yang dievaluasi, apakah program tersebut harus diperbaiki, diteruskan, atau bahakan dihentikan.
Dalam melakukan suatu evaluasi tentunya setiap lembaga pendidikan menggunakan teknik yang berbeda-beda. Begitupun dengan penerapan evaluasi yang dilakukan di TK Muslimat NU di daerah Mojoagung Jombang. Disini saya telah melakukan wawancara kepada salah satu pendidik yang bernama Bunda Khudriyah yang mengajar di TK Muslimat NU. Beliau telah mengajar di TK Muslimat NU dari tahun 2016 -- sekarang, sehingga beliau mempunyai pengalaman mengajar di TK Muslimat ini sekitar 5 tahun.
 Adapun tujuan dari reportasi kali ini yaitu: untuk memenuhi tugas uas Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini dan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik evaluasi yang dilakukan di lembaga TK Muslimat NU.
Dari hasil wawancara yang telah saya lakukan, teknik evaluasi yang diterapkan di TK Muslimat NU yaitu:
- Unjuk kerja : Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan berdasarkan tugas anak didik dalam melakakukan perbuatan yang diamati.
- Pemberian tugas: Teknik penilaian yang dilakukan pendidik dengan cara memberikan tugas kepada peserta didik baik itu dalam bentuk kelompok maupun individu.
- Hasil karya: Penilaian yang dilakukan pendidik berdasarkan hasil karya peserta didik seperti menggambar.
- Teknik Observasi (pengamatan): Teknik observasi yaitu suatu teknik pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh pendidik dengan tujuan untuk memperoleh informasi terhadap sikap dan perilaku peserta didik.
Dari hasil wawancara, untuk penilaian yang diterapkan di TK Muslimat NU ini bukan hanya 4 teknik saja melainkan hampir semua teknik diterapkan di TK Muslimat NU, akan tetapi dalam pelaksaan teknik-teknik evaluasi dilakukan secara bertahap. Alasan guru melakukan teknik-teknik tersebut yaitu supaya saat anak mengerjakan tugas bisa jelas atau melekat dihatinya itu lebih baik menggunakan teknik-teknik yang nyata.
Misalnya pendidik mengenalkan angka 1-10, guru terlebih dahulu mengenalkan bentuk angka namun ketika mengenalkan bentuk angka dilampiri dengan gambar atau benda nyata, misal 1 Â guru membawa bola sebanyak 1, 2 guru membawa bola sebanyak 2,bisa bola itu berwarna berbeda kalau satu membawa bola berwana hijau kalau 2 membawa bola berwarna merah dan kalau tiga membawa bola berwarna kuning hal itu membuat anak mampu lebih mengenal. Setelah itu pendidik memberikan tugas kepada peserta didik supaya peserta didik mampu mengelompokkan sesuai dengan angka dan jumlahnya.
Dari hasil wawancara yang telah dilakukan di TK Muslimat tidak ada jenis-jenis teknik evaluasi yang tidak diterapkan, karena semua jenis teknik diterapkan tetapi dengan cara bertahap.
Dari hasil wawancara yang saya lakukan di TK Muslimat NU dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di TK Muslimat NU sudah baik karena semua jenis teknik evaluasi telah diterapkan. Semoga dengan diterapkannya jenis-jenis teknik evaluasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik.