Mohon tunggu...
maulidha ridwan
maulidha ridwan Mohon Tunggu... Guru - Saya merupakan guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Montong, kegiatan keseharian saya yaitu mengajar, saya memilih ingin menjadi seorang guru karena bagi saya guru adalah profesi yang sesuai dengan karakter saya terutama guru Bk, melalui profesi saya sebagai guru Bk saya dapat mengembangkan potensidiri saya dengan lebih baik yaitu dapat membimbing dan mendampingi peserta didik dalam mencapai tugas perkembanganya serta membantu mereka menggali potensi dirinya

Hobi bernyanyi, membaca dan mencari informasi baru, juga kegiatan outdoor yang tentunya dapat memberi pengalaman baru bagi saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Layanan Bimbingan Klasikal Metode PJBL

1 Maret 2024   05:23 Diperbarui: 1 Maret 2024   05:39 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK  MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA

 DI SMP NEGERI 1 MONTONG

 

Disusun oleh: Siti Maulidha, S.Pd

Email: maulidharidwan@gmail.com

 

PENDAHULUAN

Bimbingan klasikal bertujuan untuk membantu peserta didik agar bisa menyesuaikan diri, dapat mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, dan mengembangkan potensinya seoptimal mungkin. Bimbingan klasikal melatih individu agar dapat merencanakan kegiatan penyesuaian studi, dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar. Adapun fungsi bimbingan klasikal agar peserta didik terhindar dari perilaku yang tidak diharapkan dan berdampak buruk atau disebut dengan fungsi pencegahan. Di samping itu terdapat fungsi pemahaman agar peserta didik paham dengan dirinya sendiri dan lingkungan sekitar sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Bimbingan klasikal merupakan salah satu strategi layanan dasar serta layanan peminatan dan perencanaan individual pada komponen program bimbingan dan konseling. (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2023).

Dalam hal ini Guru BK menggunakan metode Project Based Learning karena efektif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kepercayaan dirinya melalui tugas pengembangan yang di rencanakan oleh konselor atau guru Bk berupa pembuatan vlog dengan tema kehidupan sehari-hari yang unggah dalam media sosial. Dengan terus berusaha mengembangkan rasa percaya diri, kita juga turut berkembang menjadi manusia yang lebih baik. (Anggraini, A. P. 2018)

  • PEMBAHASAN

Pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik antuasias dalam mengikuti kegiatan, mereka berdiskusi terkait topik layanan dan mempresentasikannya secara bergantian perwakilan dari masing-masing kelompok di depan kelas. Dalam kegiatan layanan tersebut guru Bk menggunakan metode PJBL untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik, metode ini efektif dalam pemberian layanan karena guru Bk memberikan tugas "pembuatan Vlog" dan di unggah di media sosial yaitu Instagram, metode ini dapat menstimulus peserta didik untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya. Metode PJBL dengan tugas pembuatan Vlog efektif di terapkan di lingkungan SMP negeri 1 Montong. Mengapa demikian? karena dengan kondisi siswa jaman sekarang rata-rata memiliki kemampuan rasa percaya diri yang tinggi dalam bermedia sosial sehingga hal tersebut perlu diarahkan oleh guru Bk untuk supaya siswa mengisi media dengan kegiatan yang posisitf di bandingkan dengan hanya sekedar bermedia sosial yang kurang bermanfaat bagi mereka.

DOK. PRI
DOK. PRI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun