LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK Â MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA
 DI SMP NEGERI 1 MONTONG
Â
Disusun oleh: Siti Maulidha, S.Pd
Email: maulidharidwan@gmail.com
Â
PENDAHULUAN
Bimbingan klasikal bertujuan untuk membantu peserta didik agar bisa menyesuaikan diri, dapat mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, dan mengembangkan potensinya seoptimal mungkin. Bimbingan klasikal melatih individu agar dapat merencanakan kegiatan penyesuaian studi, dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar. Adapun fungsi bimbingan klasikal agar peserta didik terhindar dari perilaku yang tidak diharapkan dan berdampak buruk atau disebut dengan fungsi pencegahan. Di samping itu terdapat fungsi pemahaman agar peserta didik paham dengan dirinya sendiri dan lingkungan sekitar sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Bimbingan klasikal merupakan salah satu strategi layanan dasar serta layanan peminatan dan perencanaan individual pada komponen program bimbingan dan konseling. (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2023).
Dalam hal ini Guru BK menggunakan metode Project Based Learning karena efektif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan kepercayaan dirinya melalui tugas pengembangan yang di rencanakan oleh konselor atau guru Bk berupa pembuatan vlog dengan tema kehidupan sehari-hari yang unggah dalam media sosial. Dengan terus berusaha mengembangkan rasa percaya diri, kita juga turut berkembang menjadi manusia yang lebih baik. (Anggraini, A. P. 2018)
- PEMBAHASAN
Pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik antuasias dalam mengikuti kegiatan, mereka berdiskusi terkait topik layanan dan mempresentasikannya secara bergantian perwakilan dari masing-masing kelompok di depan kelas. Dalam kegiatan layanan tersebut guru Bk menggunakan metode PJBL untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik, metode ini efektif dalam pemberian layanan karena guru Bk memberikan tugas "pembuatan Vlog" dan di unggah di media sosial yaitu Instagram, metode ini dapat menstimulus peserta didik untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya. Metode PJBL dengan tugas pembuatan Vlog efektif di terapkan di lingkungan SMP negeri 1 Montong. Mengapa demikian? karena dengan kondisi siswa jaman sekarang rata-rata memiliki kemampuan rasa percaya diri yang tinggi dalam bermedia sosial sehingga hal tersebut perlu diarahkan oleh guru Bk untuk supaya siswa mengisi media dengan kegiatan yang posisitf di bandingkan dengan hanya sekedar bermedia sosial yang kurang bermanfaat bagi mereka.