Fashion (tata busana) / penampilan Â
Sudah banyak remaja yang tertarik akan fashion Korea. Tak hanya tata busana bahkan dunia tata rias korea pun sudah banyak digandrungi oleh kalangan remaja-remaja. Hal ini dikarenakan model pakaian kore ini mudah dipadu-padankan dan perpaduan warnanya pun dirasa cocok dengan kulit Asia termasuk Indonesia. Pakaian-pakaian model korea ini sudah banyak yang menjualnya. Mulai di mall-mall, e-commers, hingga di pasar-pasar pun sudah banyak yang menjualnya.Â
Dalam hal tata rias, sudah banyak produk-produk kecantikan yang sudah dijual di Indonesia. mulai dari make up dan skincare yang berasal dari Korea sudah banyak yang menjual. Tata rias Korea menjadi cermin dalam berpenampilan karena hasilnya terlihat alami atau tidak berlebihan. Bahkan Indonesia pun sudah tak kalah saing dalam menciptakan produk-produk skincare seperti Something, Scarlett, dan lain-lain dan menggaet artis korea untuk menjadi Brand Ambassador merk-merk mereka. Â
MusicÂ
Negara Korea mempunyai genre pop yang disajikan  dengan ciri khas yaitu, biasanya dalam lagu-lagunya terdapat bagian Rapp, lagu-lagunya berbahasa Korea dan beberapa lagunya terdapat campuran Bahasa Inggris, dinyanyikan oleh beberapa orang yang membentuk sebuah grup atau bisa disebut Boyband atau Girlband, dan dalam music vidionya disajikan dengan visual effect yang unik. Selain penyanyinya yang memiliki paras yang menawan, industri korea pun menciptakan album yang memiliki konsep yang unik bahkan mereka pun menciptakan Lightstik yang digunakan jika artis mereka mengadakan konser.
Sudah banyak orang yang menyukai music bergenre Korean pop atau sering disebut sebagai k-popers. Banyak tempat-tempat yang memutar lagu bergenre Korean pop ini, mulai dari mall-mall hingga sekolah-sekolah pun terdengar lagu bergenre tersebut. Bahkan sudah banyak kalangan muda meng-cover lagu dan di sekolah pun mengadakan kompetisi tarian lagu-lagu korea. Pada tahun ini agensi-agensi hiburan Korea membuka audisi bagi negara Indonesia untuk menjadi anggota boyband mereka, contohnya adalah Dita Karang, Loudi, dan Zayyan yang sudah berhasil debut di industri music Korea. Â Â Â Â
MakananÂ
Tak hanya dunia music korea, namun dunia makanan  Korea pun sudah popular di Indonesia. Mulai dari kalangan muda terkhususnya kaum penggemar dunia korea (hallyu atau Korean wave) hingga kini bahkan kalangan bukan penggemar korea pun sudah mengetahui, mencoba, bahkan mencoba memasak makanan-makanan dari negara gingseng ini. Karena cara pembuatannya yang cenderung mudah dan orang-orang pun merasa cocok dengan rasa khas korea.
Bahkan sudah banyak penjual-penjual yang berinovasi menambah varian jualannya dengan adanya menu khas negara gingseng ini. Mulai dari restoran-restoran mewah, hotel berbintang, hingga pedagang kaki lima pun menjajakan makanan Korea. Selain banyak penikmat, pengolahannya pun relatif mudah dan tidak perlu menggunakan banyak modal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H