Mohon tunggu...
maulidah putri
maulidah putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mengekspresikan pemikiran

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pentingnya Pendidikan Terhadap Kecerdasan Otak (Intelegensi) Anak

1 Mei 2022   20:21 Diperbarui: 11 Mei 2022   11:43 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Halo guys, apakah kalian pernah berpikir tentang anak yang cerdas itu seperti apa?

Nah, sesungguhnya setiap anak dilahirkan cerdas dengan membawa potensi dan keunikan masing-masing. Namun, banyak kita jumpai apalagi di lingkungan sekitar kita bahwa anak yang pintar matematika, jago menghafal, atau menempati rangking 1 biasanya dikatakan sebagai anak yang cerdas. 

Mengapa sih kok bisa dan apalagi terutama pada anak yang mengikuti lomba cerdas cermat dari tingkat nasional maupun regional? Lalu bagaimana dengan anak-anak yang memiliki kecerdasan di bidang lainnya yang tidak dapat berkembang secara optimal karena cenderung tidak dihargai atau terlanjur dicap “bodoh” oleh orang lain?

Lalu pertanyaannya adalah apakah anak yang pandai menggambar tapi matematika atau bahasa Inggrisnya nilainya jelek itu bukan anak yang cerdas? dan menurut kalian apa sih arti  kecerdasan yang sesungguhnya dan bagaimana mendidik anak agar cerdas?

Dengan banyaknya kasus-kasus kejadian seperti kita yang ketahui tersebut, pada artikel kali ini kita akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dengan mengetengahkan terlebih dahulu dari pandangan teori- teori tentang kecerdasan yang telah diungkap oleh Gradner dan dilengkapi dengan pendapat ahli tentang otak.

Otak merupakan bagian yang sangat penting dalam diri manusia dimana didalam otak terdapat misteri yang luar biasa dan banyak dari orangtua yang belum mengetahui betapa kompleks dan ajaibnya otak manusia. Di mana seorang dokter, ia berkata "start playing as much or more attention to the brain ass to the heart".  Dan Dalam dunia kedokteran, mencolok perhatian dan penelitian terhadap otak yang semakin besar sebagaimana terhadap jantung. Otak sendiri adalah organ yang merupakan “jati diri kita” ia bisa disimpan dengan rapi di atas dua telapak tangan kita. Selain itu,

Hubungan kecerdasan otak dan pendidikan sendiri adalah sebagai berikut:

Banyak masyarakat yang menyebut intelegensi sama dengan kecerdasan. di mana kecerdasan adalah kemampuan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan dan dapat menghasilkan produk atau jasa yang berguna dalam berbagai aspek kehidupan. 

Kecerdasan manusia adalah kombinasi dari berbagai kemampuan umum dan spesifik. teori kecerdasan manusia sendiri dikemukakan oleh Howard gardner,dengan perkembangannya zaman ia berpendapat bahwa ada 9 aspek kecerdasan dan indikatornya yang berpotensi untuk dikembangkan oleh setiap anak yang lahir tanpa disertai oleh cacat fisiknya, yaitu :

  • Kecerdasan spasial

Individu yang mempunyai tipe kecerdasan ini biasanya memiliki beberapa ciri sebagai berikut yakni mampu memvisualisasikan fenomena dalam bentuk gambar, penyenang warna dan garis, menyusun balok, dan mampu memberikan arah dimana suatu lokasi berada.

  • Kecerdasan interpersonal  

Pada kecerdasan ini indikatornya adalah mudah bergaul dengan orang lain, senang mencari teman, terlibat dalam kegiatan kelompok, dan mampu membaca perasaan orang lain melalui nada bicara, gerak tubuh, dan ekspresi wajah, dan mudah menyelesaikan konflik dengan orang lain.

  • Kecerdasan kinestetik atau fisik  

Pada kecerdasan ini cirinya antara lain cepat mempelajari dan menguasai kegiatan yang melibatkan fisik motorik menggunakan seluruh anggota tubuhnya dalam pekerjaan mampu memecahkan masalah, serta keterampilan tangan, jari maupun lengan.

  • Kecerdasan verbal atau bahasa

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki ciri yakni mampu mengekspresikan pikirannya secara verbal mudah mengingat nama atau sesuatu tanpa menulis dengan baik dan senang bertanya dan berdiskusi

  • Kecerdasan intrapersonal 

Pada kecerdasan ini, individu memiliki ciri ciri yakni mudah mengenali perasaan diri dapat menghayati puisi dan drama senang bermeditasi dan pandai bercerita.

  • Kecerdasan musik

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mampu dalam hal sensitif terhadap terhadap bunyi dan cepat mempelajari berbagai lagu, jenis musik dan alat musik.

  • Kecerdasan mempelajari alam  

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya kapasitas untuk cepat mempelajari fenomena alam, mengamati dan membaca kehidupan tumbuhan dan binatang dan gemar terhadap kegiatan pencinta alam seperti berpetualang.

  • Kecerdasan logika atau matematika

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mampu mempelajari angka dengan kecepatan, pmengelompokkan dan membuat hipotesis serta berfikir logis.

  • Kecerdasan spiritual 

seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya ditandai oleh kemampuan berpikir secara mendalam tentang makna hidup Mengapa saya hidup untuk apa saya hidup dan menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari keseluruhan yang saling berkaitan.

Dengan kesembilan pola kecerdasan tersebut pada dasarnya tidak dapat di monopoli oleh orang atau profesi tertentu karena   setiap anak memiliki kesimpulan bahwa aspek di atas dengan tingkat yang bervarias dimana setiap anak memiliki komposisi kecerdasan yang berbeda dan seluruh aspek tersebut terdapat pada bagian- bagian yang berbeda yang dapat bekerja secara sendiri-sendiri atau bersamaan.

Namun, dengan kecerdasan tersebut terdapat istilah populer keajaiban otak manusia yakni "dasar otak jongkok" atau "dasar otak udang". kata ini sering ditujukan kepada anak yang memiliki IP atau nilai rata-rata yang rendah dalam mata pelajaran. Padahal sesungguhnya otak manusia tidak serendah itu. Menurut Robert Einsten dan Richard F. Thomson, ukuran orak manusia kira-kira sama dengan berat sebutir kola atau sebesar anggur. Otak sendiri merupakan organ satu-satunya yang tidak bisa kita cangkok. Adapun itu, data otak manusia dapat digambarkan sebagai berikut  :

  1. Kira-kira beratnya 1,5 kg
  2. 78%air, 8% protein dan 10% lemak
  3. Serta kurang dari 2,5% berat tubuh
  4. 100 miliar neuron
  5. 1 triliun sel glial
  6. Dan 1000 triliun Sambungan synaptic

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun