Mohon tunggu...
maulida fikria
maulida fikria Mohon Tunggu... -

I jump higher than myself :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sesuaikah anak didik kita pada tahapan perkembangan Piaget?

5 Mei 2014   07:02 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:52 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sesuaikah anak didik kita pada tahapan perkembangan Piaget?

Sekarang ini, memang sudah zaman yang enak dibandingkan dulu ketika para ahli sedang menguji coba penelitiannnya. Sekarang hanya tinggal menikmati dan mengembangkannya secara lebih baik lagi. Sebagai seorang calon pendidik dan yang berkrcimpung dalam psikologi pasti mengenal Jean Piaget. Ada empat tahapan yaitu:

1.Tahap sensorimotor( usia 0 – 2 tahun )

2.Tahap praoperasional( usia 2 – 7 tahun )

3.Tahap operasional konkrit( usia 7 – 11 tahun )

4.Tahap operasional formal( usia 11 tahun sampai dewasa)

Memang ada sedikit versi, tetapi secara global sama.

Dimanakah posisi anak didik kita ?? apakah memang harus sesuai umur yang sudah dikategorikan oleh Jean Piaget dalam tahapan-tahapan tersebut?

Kalau menurut pendapat penulis niihh, bukan permasalahan usianya, akan tetapi perkembangan yang dialami oleh anak itu sendiri. Ketika anak tersebut sudah berumur lebih dari 2 tahun akan tetapi perkembangnnya belum mencapai ciri-ciri pada tahapan praoperasional berarti belum mencapai itu. Yang terpenting proses perkembangan yang terjadi pada anak tersebut.

Apakah harus tepat pada kategori yang telah ditentukan tersebut? Banyak pendapat bahwa kategori usia dalam tahapan Jean Piaget adalah secara umum yang terjadi kebanyakan. Ketika itu meleset, bukan dikatakan salah seperti itu tidak, melainkan perkembangan anak berbeda-beda sehingga sangat banyak kemungkinan yang terjadi. Jadi, di tahap manakah posisi anak didik kita? Kita bisa lihat dari usia dan perkembangan yang dialaminya.

Sebagai seorang calon pendidik, pada tahapan kedua yaitu praoperasional-lah kita para pejuang pendidikan dasar memberi ilmu yang kita punya, pengalaman pendidikan dan pengetahuan yang telah kita kumpulkan dan miliki akan kita salurkan kepada generasi kecil pendidik yang menempuh pendidikan dasar. Oleh karena itu, teori belajar yang dikemukakan oleh jean Piaget terkait konnitivisme ini sangat berperan dalam tahap pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun