Dalam proses belajar mengajar evaluasi sangat penting karana Evaluasi mampu mebantu guru untuk mengetahui tingkat pengetahuaan peserta didik dan peserta didik mampu mengetahui tingkat kemampuan dirinya sendiri atau temanya,evaluasi dalam kurikulum memang tingkatnya paling bawah namun maknanya paling atas. Sekolah yang menggunakan system evaluasi jauh lebih baik dari sekolah yang tidak menggunakan system evaluasi,bagi sekolah yang tidak menggunakan metode evaluasi mulai sekarang cobak gunakan metode tersebut,
Adapun faktor terjadinya evaluasi antara lain:
1.sudah melakukan proses belajar mengajar
2.didukung oleh sekolah
3.memiliki standar pengukuran tertentu untuk menyatakan apakah evaluasi proses pembelajaran telah sesuai atau belum sehingga dapat memberikan keputusan yang sesuai dengan data dan informasi yang dikumpulkan
4.dilakukan oleh peserta didik yang sudah ditentukan atau diijinkan guru
Evaluasi dalam proses belajar mengajar memiliki manfaat tersendiri baik bagi peserta didik maupun bagi guru dan orang tua peserata didik
Manfaat bagi peserta didik
- menetahui tingkat pengetahuan yang dimiliki
- Membangkitkan minat dan motivasi belajar bagi peserta didik
- membatu peserta didik untuk memilih metode dan yang dia gunakan dalam belajar
- dapat mengetahui pengetahuan yang dimiliki temannya
Manfaat bagi guru
- Promosi peserta didik, seperti kenaikan kelas atau kelulusan
- menyusun laporan kepada orang tua guna menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
-menjadi pandangan untuk memberikan nilai bagi peserta didik
-mengetahui pengetahuan yang dimiliki peserta didik
-menentukan perlu tidaknya remedial bagi peserta didik
Manfaat bagi orang tua peserta didik
-mengetahui tingkat kemampuan sorang anak
-membimbing peserta didik belajar dirumah
-mengetahui sekolah mana atau perguruan tinggi mana yang pantas untuk anak
Adapun macam-macam evaluasi antara lain:
1.evaluasi didalam kelas
2.evaluasi diluar kelas
Evaluasi didalam kelas adalah suatu kegiatan yang dilakukan didaam kelas yang memiliki jadwal serta materi tertentu dan dilakukan oleh peserta didik dan diawasi oleh seorang guru atau lebih seperti semester,mid,ulangan harian dll
Evaluasi diluar kelas adalah suatu kegiatan yang dilakukan diluar kelas yang berbentuk teks atau praktek dan dilakukan oleh peserta didik dan dapat bisa diawasi oleh guru atau tidak seperti PR,pengambilan nilai lari,
Dalam evaluasi seoarang guru manpu Memperoleh data pembuktian yang menjadi petunjuk sampai di mana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler, setelah mereka menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.serta Mengukur dan menilai sampai di mana efektivitas mengajar dan metode-metode mengajar yang telah diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidik, serta kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik Keberhasilan suatu proses belajar mengajar dilihat dari hasil yang dilakukan oleh guru,apabila hasil evaluasi baik maka proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru bisa dikatakan sudah berhasil tapi sebaliknya jika hasilnya kurang memuaskan maka proses belajar mengajar yang dilakaukan belum maksima Dalam membuat soal evaluasi guru harus lebih berhati-hati jangan sampai soal yang dia buat tidak terkait dengan materi yang ada atau materi yang sudah dijelaskan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H