Penguasaan multi metode dan multi media guru SMA
Cerita Penguasaan multi metode dan multi media guru SMA saya tapi sebelum itu saya akan jabarkan pengertiaan media atau alat dan metode.
Metodeadalah cara-cara yang dipakai oleh orang atau sekelompok orang untuk membimbing anak atau peserta didik sesuai dengan perkembangannya kearah tujuan yang hendak dicapai.
Alat atau media adalah hal yang tidak saja memuat kondisi-kondisi yang memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi alat atau media itu telah mewujudkan diri sebagai perbuatan atau situasi, dengan perbuatan dan situasi mana, dicita-citakan dengan tegas, untuk mencapai tujuan pendidikan
Seorang peserta didik tentu memiliki penilaiaan sendiri terhadap gurunya karan dalam menyampaikan materi guru pasti memiliki problem atau masalah yang di timbulkan dalam menyamaikan suatu materi
Guru yang baik adalah guru yang mampu membuat peserta didik yang tidak tau menjadi lebih tau dan mampu memberikan kenyamanan pada peserta didik saat belajar
Dan Menurut pandangan saya guru sosiologi saya di SMA sudah cukup menguasai  metode karna sejak saya di didik atau diajar, dia sering menggunakan metode yang tepat dalam menyampaikan materi yang diajarkannya seperti:
- metode ceramah
metode ini selalu dia gunakan apabila ada materi yang tidak seharusnya dihapal
-metode diskusi
metode ini selalu dia gunakan apabila ada materi yang akan dipersentasekan
-metode ekspremen
metode ini selalu dia gunakan   ketika materi itu mencangkup dengan analisis sekitar linggkungan sekolah
-metode memberikan tugas
metode ini sering dia  gunakan ketika kita mau pulang sekolah
metode latihan
metode ini sering kali dia gunakan ketika kita mau memasuki bab yang lain
Tapi dia  belum mampu menguasai media atau alat karna sejak saya diajar sama dia tidak pernah memakai alat atau media seperti,LCD,leptop,komputer  dll
Padahal menurut saya  metode dan alat atau media sama-sama sangat penting dalam proses belajar mengajar karna bisa mempermudah peserta didik untuk lebih cepat memahami materi yang akan disampaikan oleh guru serta peserta didik jugak tidak ketinggalan zaman  tapi apabia media atau alat tidak lengkap peserta didik akan sulit memahami materi yang akan disampaikan guru dan guru jugak akan lebih sulit mengajar apabila alat atau media tidak  lengkap tapi sebaliknya jika media dan alat sudah lengkap maka guru akan mudah untuk mengajar
Namun masih ada sekolah yang tidak menyedikan media atau alat yang lengkap untuk dipakai oleh guru dalam proses belajar mengajar sehingga jangan heran ada peserta didik yang ketinggalan zaman atau tidak mengetahui yang namaya leptop,Lcd,komputar dll dan semua itu akan berdanpak negative terhadap peserta didik apabila sudah lulus dan masuk keperguruaan tinggi peserta didik tersebut akan mersa mindar dan dia jugak akan merasa dirinya paling kampungan dan bodoh  karna tidak bisa menggunakan leptop,computer,Lcd dll sedangkan teman-temannya yang lain sudah bisa menggunakan computer,leptop,Lcd,Padahal media-media seperti Lcd,komputer,leptop dll,banyak sekali dijual diwilayah-wilayah Lombok atupun Indonesia tapi keinginan dari guru untuk membeli yang tidak ada ,ataupun guru tersebut belum bisa menggunakan lcd,computer,leptop,sehingga dia tidak mau beli
Dan Keberhasilan proses belajar mengajar tergantung dengan alat atau media dan metode seorang guru jika alat atau media dan metode sudah lengkap proses belajar mengajar akan lancer dan lebih efektif serta lebih mudah tapi apabila media dan alat tidak lengkap maka proses belajar mengajar akan tidak efektif karan tidak adanya alat pembantu seperti Lcd,komputer,leptop,gambar,dll
Dalam belajar-mengajar buku paket jugak penting tetapi jika tidak di sertai dengan gambar maka peserta didik akan cendrung malas untuk membacanya dan disana manfaat atau kegunaan leptop dan Lcd sangatlah penting karna bisa menampilkan gambar yang tidak ada dibuku
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H