Kegiatan tulis menulis secara digital dapat dimanfaatkan oleh seseorang, organisasi, maupun perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana cara memanfaatkan platform menulis untuk mendapatkan hasil maksimal dengan SEO?
Pada tahun 2020 banyak platform yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi tulis menulis, ada beberapa contoh platform seperti : Kompasiana, Wordpress, Blog, Wikipedia, Wix, maupun Medium.Â
Selain itu masih banyak platform lain untuk menyalurkan hobi tersebut. Ketika memanfaatkan platform tersebut untuk menulis, pernahkah kita melakukan pencarian melalui Google atau Bing atas hasil tulisan yang telah kita buat tersebut?Â
Kalau belum coba berikan waktu sebentar untuk masuk ke mesin pencarian dan ketik judul apa yang telah kita buat. Jika belum, cobalah untuk menulis dan menunggahnya, setelah itu coba cari ke mesin pencarian seperti Google atau Bing.
Bagaimana hasil pencarian teman - teman dari tulisan yang sudah dibuat? Apakah muncul di dalam hasil pencarian? Jika sudah maka tulisan teman - teman sudah memiliki kualitas yang baik.Â
Lalu bagaimana dengan tulisan yang tidak muncul di mesin pencarian apakah tulisan teman - teman termasuk tulisan jelek? Tentu saja tidak, mungkin hanya belum optimal dalam mesin pencariannya sehingga tidak bisa muncul. Oleh karena itu kita akan membahas sebuah tips bagaimana tulisan kita muncul di mesin pencarian.
Sebelumnya ada sebuah cara untuk menaikkan sebuah traffic ke dalam situs yang kita buat, cara tersebut bernama SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk menaikkan traffic ke sebuah situs, hal ini bermanfaat bagi penulis agar tulisan yang dihasilkan bisa berada di peringkat atas mesin pencarian.
Adapun teknik lain untuk meningkatkan traffic selain menggunakan SEO, yaitu teknik SEM. Search Engine Marketing (SEM). Lalu apa bedanya SEO dengan SEM, sebenarnya tidak ada bedanya dalam kedua teknik tersebut karena tujuannya memang meningkatkan traffic hanya saja cara menjalankan teknik tersebut berbeda, SEO dihasilkan dengan effort yang cukup rumit, sedangkan SEM cukup melakukan pembayaran melalui Google Adwords untuk menghasilkan tulisan di puncak pencarian
Bagaimana caranya?
Google memberi sebuah tips agar apa yang kita buat dapat muncul di mesin pencarian dengan urutan teratas. Apa saja yang perlu dilakukan agar tulisan muncul dengan peringkat teratas?
- Judul
Google merekomendasikan kepada kita sebagai penulis agar membuat sebuah judul yang menarik. Apa yang dimaksud dengan judul menarik oleh Google? Bisakah kalian membayangkan judul "Kucing Persia" dengan "Kucing Persia Termahal di Dunia". Dengan pemilihan judul seperti itu saja sudah mempengaruhi pembaca bukan?Â
- Teks
Penulisan teks harus memiliki keterkaitan dengan judul yang ditulis, sehingga tidak terkesan menipu pembaca. Disamping itu di dalam artikel diberi tautan lain / hyperlink untuk memberi "jalan" lain kepada artikel yang disematkan tersebut. Sehingga ketika traffic pembaca dari teks dan artikel yang ditautkan dapat berjalan lebih ramai.
- Penggunaan Label
Maksud dari penggunaan label atau hastag adalah sebuah bantuan ketika pembaca ingin mencari sebuah artikel dengan menggunakan kata kunci. Misalnya "kucing", "mobil", dan sebagainya.
- Permudah situs
Google memberikan rekomendasi bahwa sebuah situs yang baik terdapat sebuah navigasi kepada pembacanya, misalnya sebuah situs berita yang di dalamnya terdapat kategori - kategori berita "internasional", "kesehatan", "hype", dan masih banyak lagi.
Itulah tips yang diberikan oleh Google untuk memaksimalkan sebuah traffic tulisan, semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H