Kadang kadang dalam proses menjalankan bisnis, kita akan dikelilingi oleh berbagai tantangan dan peluang, dan selalu berusaha mencari celah peluang, memilih dan menggunakan peluang mana yang paling cocok, untuk mendukung proses yang cukup serius untuk mensukseskan pekerjaan yang hebat. , Akan mempromosikan kesuksesan.
Jadi bagaimanakah kita menggunakan waktu yang paling tepat untuk menciptakan peluang ini, kita akan meletakkan fondasi untuk sebuah ide baru dan menjadi inspirasi untuk membuka peluang lain.Â
Disinilah kita harus jeli dan peka, bahkan harus pandai mencuri peluang dari party yang akan kita mulai ikuti. Disinilah mulai dikatakan boleh mencuri...Ya...mencuri kesempatan yang tidak dimanfaatkan orang lain, tapi secara khusus kita bisa memanfaatkannya. Ketika pesaing dan pengusaha lain tertangkap basah dan tidak mempertimbangkan untuk melakukannya,maka saat itulah kita dengan cara strategis kita harus memanfaatkannya untuk menjadi sumber ide.
Mengambil peluang dalam mengungkapkan ide bisnis kita, tentunya memiliki keahlian tersendiri. Pertama-tama... kita tetap mengutamakan peluang yang kita temukan yang akan menghadapi resiko besar. Untuk itu kita masih harus menganalisa, cek dulu kelemahan dan kekuatan, Dan manfaat apa yang kita bawa ke bisnis kita. Ini berarti bahwa kita dapat menangkap dan bahkan perlu menghindari beberapa peluang.
Yang kedua, kita harus ingat... ketika kita mulai menemukan peluang yang benar-benar brilian...segera kembangkan konsep tertulis implementasinya dengan merancang analisis kelayakan atau menggambarkan risiko terburuk dari peluang tersebut jika kita gagal menerapkannya dalam proses. . Tentunya kita harus bisa mengkaji lebih dalam apakah penerapannya bisa memberikan banyak manfaat dan berdampak signifikan terhadap produktivitas bisnis kita, omzet produk kita dan minat pasar.
Lalu yang ketiga, pengaturan peluang telah menjadi konsep yang kita kuasai dan pilihan utama untuk mengembangkan alternatif dari ide-ide sebelumnya.Dalam arti, dengan ide-ide komparatif sebelumnya, kami membuat saran untuk membantu kami mengimplementasikannya secara lebih strategis. Tentunya tetap mengedepankan kekuatan inovasi dan kreativitas terkait permintaan pasar, sehingga memiliki daya saing dan keunggulan tersendiri dibandingkan dengan yang telah kita lakukan selama ini.
Akhirnya...Tentu saja, ketika mencuri kesempatan ini, kita harus menggali inspirasi dari setiap kejadian di sekitar kita, bahkan dari fenomena yang tidak diinginkan. Ini seperti kegagalan, kebingungan atau bahkan rumor. Siapa tahu, situasi yang tidak bersahabat dengan kita, dan bahkan keterpurukan kita saat ini, dapat menghidupkan kembali semangat kita untuk mencari peluang lain, menjadi alternatif, menjadi ikhtiar lain, dan menjadi terobosan besar yang menentukan nasib perusahaan kita di masa depan.Â
Yang paling penting adalah karena ini adalah tentang menangkap peluang, lakukan semua ini dengan tenang, belum lagi, dan beri tahu orang lain. Khawatir ini tidak akan berhasil, ide bagus kita telah didahului oleh orang lain. Kuncinya adalah satu, jujur pada diri sendiri, percaya pada kemampuan sendiri, mari asah terus insting  dalam berbisnis kita sehingga kita lebih cepat peka dalam menghadapi berbagai peluang untuk dimanfaatkan menjadi sebuah konsep bisnis yang harus kita andalkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H