Mohon tunggu...
Maulana Erdio Firmansyah
Maulana Erdio Firmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Fakultas Ekonomi Bisnis Prodi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM

26 Juni 2024   22:50 Diperbarui: 26 Juni 2024   22:55 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Digital Marketing adalah strategi untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik dengan menggunakan internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Dalam era digital saat ini dimana banyak orang menghabiskan waktu mereka di internet. Digital marketing melibatkan penggunaan berbagai saluran online seperti media sosial, email, mesin pencari, dan situs web untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih erat dengan mereka. Digital marketing juga mempermudah konsumen sehingga tidak perlu langsung ke toko untuk membeli dan juga dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen sehingga pemilik UMKM akan mendapatkan respon yang positif.

Beberapa manfaat Digital Marketing untuk perkembangan UMKM.

  • Memudahkan Interaksi dengan pelanggan
  • Kita dapat dengan mudah untuk terhubung dengan konsumen kapan saja dan dimana saja secara online dan realtime.
  • Menekan biaya promosi
  • Pelaku UMKM dapat menekan biaya promosi dengan memanfaatkan platform online seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube, dan lainnya.
  • Menjangkau lebih banyak konsumen
  • Keuntungan lain dari digital marketing yaitu dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak hanya satu daerah saja, melainkan dapat menjangkau seluruh Indonesia bahkan pasar internasional.
  • Peningkatan Brand Awareness
  • Dengan kehadiran online yang kuat, UMKM dapat meningkatkan kesadaran merek mereka di pasar. Hal ini membantu mereka bersaing dengan bisnis yang lebih besar dan meningkatkan reputasi mereka.
  • Meningkatkan Penjualan
  • Dengan strategi digital marketing yang efektif, UMKM dapat meningkatkan penjualan mereka, baik melalui penjualan online maupun offline.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun