Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah hal yang dilakukan oleh seorang guru untuk mendapatkan data dan informasi tentang hasil pembelajaran agar nantinya bisa dilakukan penilaian dan perbaikan dipembelajaran selanjutnya. Selain sebagai alat untuk memahami karakteristik siswa, evaluasi pembelajaran berguna untuk mengetahui letak kesulitan yang ditemukan oleh peserta didik agar dilakukan perbaikan. Narasumber yang saya ambil dan gali pengalamannya selama mengajar di SMP N 24 Halmahera Tengah, ibu Sri Rahayu menerapkan mengatakan bahwa evaluasi itu membuat beliau mengetahui apakah materi yang diajarkan pada peserta didik dapat diterima secara keselurahan atau belum.
Evaluasi formatif menjadi pilihan beliau sebagai guru, evaluasi nya berbentuk ulangan pada akhir materi. Melalui penilaian secara tertulis, guru dapat dengan mudah mengetahui peserta didik manakah yang belum menguasai materi secara penuh. Terlepas dari penilaian secara tertulis, beliau tak lupa senantiasa memberikan himbauan kepada siswa agar melakukan praktek secara langsung yang berupa pembacaan puisi walau evaluasi yang digunakan beliau berupa tertulis tetapi beliau ingin mengetahui sampai mana progress peserta didiknya memahami betul materi serta praktek yang telah dijelaskan dan dilakukan oleh ibu Sri Rahayu.
Rasa ingin mengetahui terhadap suatu hal yang baru sangat ditonjolkan oleh siswa SMP N 24 Halmahera Tengah, sehingga melalui evaluasi formatif beliau dapat mengetahui satu per satu karakteristik siswanya hingga beliau bisa menemukan metode yang cocok dengan siswanya dalam kelangsungan belajar mengajar. Apabila terdapat sebuah nilai dibawah KKM, ibu Sri Rahayu mengadakan remedial berupa tes tertulis yaitu menjawab soal essay.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H