Mohon tunggu...
Maulana Imam Baiquni
Maulana Imam Baiquni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidik/Pengajar/Instruktur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Mesin Bubut

14 Desember 2022   15:15 Diperbarui: 14 Desember 2022   15:28 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini

Kondisi new normal saat ini, dimana anak mengalami perubahan gaya belajar. Yaitu melakukan daring selama 2 tahun lebih membawa dampak yang signifikan dalam hal gaya belajar, semangat belajar, keaktifan dan minat belajar peserta didik yang menurun. Oleh karena itu, peserta didik merasa bosan pada saat pembelajaran di kelas karena terbiasa bermain di rumah dengan temannya pada saat PJJ. Perubahan yang terjadi seperti:

1.Malas mengerjakan soal yang diberikan
2.Sering mengobrol pada saat pembelajaran
3.Peserta didik tidak semangat dan tidak aktif mengikuti pembelajaran, banyak yang diam saat ditanya kembali tentang materi yang        baru saja dipelajari
4.Peseta didik kesulitan memahami materi pelajaran yang diajarkan pendidik
5.Kurang inovatifnya metode dan media pembelajaran yang digunakan guru sehingga kegiatan belajar kurang menarik minat siswa untuk belajar

Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya pemanfaatan media ajar dan model pembelajaran inovatif yang diimplementasikan pendidik di kelas.

Tantangan : 
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara guru, dan kepala sekolah, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu :
a.Orang tua jarang ada di rumah karena sibuk bekerja
b.Tidak ada motivasi yang diberikan orang tua kepada anaknya.
c.Peserta didik mengalami masalah keluarga karena kurangnya komunikasi dalam keluarga

Tantangan dari sisi peserta didik berdampak sekali pada proses pembelajaran di sekolah.
Namun tantangan yang ada di sekolah juga ikut berperan dalam hal rendahnya minat belajar peserta didik. Adapun tantangan yang ada di sekolah yaitu :
a.Faktor pendidik dalam pemilihan media ajar
b.Pendidik cenderung menggunakan metode ceramah
c.Model pembelajaran yang belum relevan dengan kebutuhan peserta didik
Tantangan tersebut perlu dicarikan solusi oleh seorang pendidik. Mislanya saja dengan cara menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta model pembelajaran yang menarik.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Tantangan yang ada di atas harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang pendidik, diantaranya yaitu:
1.Merancang pembelajaran yang membuat peserta  didik aktif,  
2.Membuat media pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik untuk belajar. Pendidik  menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti video interaktif (TPACK)
3.Merancang model pembelajaran
Pendidik juga diyakini sudah hafal sintak dari model pembelajaran yang akan dipilihnya dari mulai tahap awal sampai akhir yang dituangkan dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Adapun model pembelajaran yang digunakan yaitu problem based learning
4.Melakukan penilaian
Seorang guru juga dituntut untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Tentunya dalam instrumen yang lengkap mulai dari kisi-kisi, indikator ketercapaian setiap ranah, dan rubrik penilaian untuk melengkapi penilaian diakhir pembelajaran.
5.Kemudian strategi yang digunakan untuk mendukung keberhasilan dari langkah-langkah yang sudah disusun yaitu dengan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang aktif selama kegiatan pembelajaran.
6.Selain itu ditambahkan juga ice breaking dengan tujuan untuk mengembalikan konsentrasi dan menghilangkan rasa bosan peserta didik.
7.Adapun dalam pelaksanaannya yaitu melibatkan kepala sekolah serta wakil dalam hal perizinan dan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun