UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) adalah sebuah model teori yang digunakan untuk memprediksi penerimaan dan penggunaan teknologi. Model ini dikembangkan oleh empat peneliti yaitu Venkatesh, Morris, Davis, dan Davis pada tahun 2003. UTAUT model menggabungkan empat model teori sebelumnya yaitu Theory of Reasoned Action (TRA), Technology Acceptance Model (TAM), Theory of Planned Behavior (TPB), dan Model of PC Utilization (MPCU).
UTAUT model terdiri dari empat faktor utama yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan teknologi, yaitu:
1. (Performance Expectancy): Persepsi pengguna tentang sejauh mana penggunaan teknologi akan meningkatkan kinerja mereka dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.
2.Harapan Usaha (Effort Expectancy): Persepsi pengguna tentang sejauh mana penggunaan teknologi akan memudahkan mereka dalam penggunaannya, termasuk kemudahan belajar dan penggunaan teknologi tersebut.
3.Pengaruh Sosial (Social Influence): Pengaruh dari orang-orang di sekitar pengguna, seperti teman, keluarga, atau rekan kerja, terhadap niat dan penggunaan teknologi.
4.Kondisi Pengalaman (Experience): Pengalaman pengguna sebelumnya dalam menggunakan teknologi serupa yang dapat mempengaruhi niat dan penggunaan teknologi baru.
Model UTAUT ini dapat digunakan untuk memprediksi dan memahami penerimaan dan penggunaan teknologi dalam berbagai konteks, termasuk penerimaan e-learning, sistem informasi, dan penggunaan smartphoneUTAUT model telah diuji coba dan digunakan dalam berbagai penelitian untuk memprediksi penerimaan dan penggunaan teknologi, seperti penggunaan sistem informasi manajemen, penggunaan teknologi mobile, dan penggunaan teknologi e-commerce.
Referensi
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS quarterly, 425-478.
Venkatesh, V., Thong, J. Y., & Xu, X. (2012). Consumer acceptance and use of information technology: extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS quarterly, 157-178.
Wu, J. H., & Wang, S. C. (2005). What drives mobile commerce? An empirical evaluation of the revised technology acceptance model. Information & Management, 42(5), 719-729.