Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran
Pada kegiatan praktik pengalaman pembelajaran pada siklus 2 yang telah dilaksanakan hari selasa tanggal 23 januari 2024 pukul 10.30 s/d selesai yang  telah dihadiri sit in oleh Ibu Indri Anastasya, S.S, M.A dan Ibu Dr. Yulia, M.Pd. Dalam hal ini saya memberikan materi tentang Procedure Text,  dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan tujuan pembelajaran yaitu:
Setelah menonton video tentang "How to make a sandwich",peserta didik dapat menjelaskan (C2) informasi terkait tips yang terdapat pada video dengan benar.Setelah menonton video terkait teks procedure , peserta didik dapat menganalisis (C4)  tentang bahan, alat, dan langkah -- langkah yang terdapat pada teks dengan benar.Peserta didik dapat mempresentasikan (C6) dan menyajikan informasi terkait prosedur teks dengan  menarik.
Inovasi yang saya lakukan adalah presentasi cara membuat sandwich dengan menarik, Â dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Alasan saya memilih metode tersebut adalah Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan inovatif dan imajinasi dalam memecahkan masalah melalui kegiatan pembelajaran yang berbasis masalah. Model pembelajaran yang berbasis masalah (Problem Based Learning) mempunyai kelebihan yaitu:
Mendorong Partisipasi Aktif di KelasÂ
PBL mampu mendorong peserta didik lebih aktif ketika belajar di dalam kelas maupun luar kelas karena mereka akan berusaha segera memecahkan masalah dan mempresentasikannya.
Mengembangkan Berbagai KeterampilanÂ
Menyelesaikan suatu masalah tidak cukup hanya paham teori, melainkan bisa mempraktekannya langsung. Beberapa masalah membutuhkan alat bantu, maka banyak keterampilan bisa ikut terasah saat PBL diterapkan.
Mengembangkan Kemampuan BekerjasamaÂ
Problem based learning berbasis kelompok, maka dalam prosesnya peserta didik akan belajar bagaimana bekerjasama. Kemampuan bekerjasama termasuk keterampilan mumpuni yang banyak dibutuhkan di dunia kerja.
Membentuk Penghargaan IntrinsikÂ