Mohon tunggu...
Teguh S
Teguh S Mohon Tunggu... Guru - Praktisi & Pemerhati Pendìdikan

Bukan generasi milenial, tetapi pendidik anak-anak zaman milenial

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengembangkan Soal Jenis AKM dan AKMI

9 Juni 2022   20:49 Diperbarui: 9 Juni 2022   20:52 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menghindari LOTS dan Mengembangkan HOTS

Taxonomy Cognitive Bloom Revisi Anderson tidak asing bagi guru, karena guru terbiasa menggunakannya ketika sedang membuat soal. Taxonomy Cognitive tersebut terdiri dari 6 (enam) tingkat berpikir, yaitu remembering/ mengingat (C1), understanding/ memahami (C2), applying/ menerapkan (C3), analyzing/ menganalisis (C4), evaluating/ mengevaluasi (C5), dan creating/ mengkreasi (C6).

Taxonomy Cognitive tersebut dibagi menjadi dua, untuk C1-C2-C3 dikategorikan sebagai LOTS (Lower Order Thinking Skills) dan C4-C5-C6 dikategorikan sebagai HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bagi guru pembuat soal jenis HOTS tentu tidak akan menyentuh tingkat kognitif C1-C2-C3.

Menuju HOTS, Hindari Jenis Pengetahuan Faktual

Bagi guru pembuat soal, selain memilih tingkat taksonomi kognitif, juga harus memilih pengetahuan apa yang akan siswa peroleh. Terdapat 4 (empat) jenis pengetahuan, yaitu faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Berdasarkan perolehan pengetahuannya tersebut, soal jenis LOTS mencakup semua jenis pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif). Sedangkan HOTS hanya mencakup 3 (tiga) jenis pengetahuan, yaitu konseptual, prosedural, dan metakognitif. Tentu, guru pembuat soal jenis HOTS tidak akan menyentuh jenis pengetahuan faktual.

Hanya Soal Jenis AKM dan AKMI Level 3 Yang Berkategori HOTS 

Soal jenis AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) yang dikenalkan pemerintah sejak tahun 2021, terdiri dari 3 (tiga) level, yaitu level 1 (C1-C2), level 2 (C3), dan level 3 (C4-C5-C6). Maka berdasarkan tingkat berpikirnya, soal jenis AKM dan AKMI level 1 dan level 2 berkategori LOTS dan level 3 berkategori HOTS. Dengan kata lain, soal jenis AKM dan AKMI berkategori HOTS hanya untuk level 3 (C4-C5-C6) saja dan menjangkau hanya jenis pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif (tanpa jenis pengetahuan faktual).

Menuju HOTS, Kembangkan C4-C5-C6

Guru pembuat soal jenis HOTS akan menghindari jenis pengetahuan faktual. Selain itu, untuk menjamin bekerjanya pemikiran tingkat tinggi (HOTS) siswa, guru akan memilih tingkat berpikir analyzing/ menganalisis (C4), evaluating/ mengevaluasi (C5), dan creating/ mengkreasi (C6). Tentu pada sebuah intrumen penilaian, secara proporsional guru juga mengembangkan soal jenis AKM dan AKMI level 1 dan 2, tidak melulu level 3. Selamat mengembangkan soal jenis AKM dan AKMI, baik level 1, 2, maupun 3.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun