Menghindari LOTS dan Mengembangkan HOTS
Taxonomy Cognitive Bloom Revisi Anderson tidak asing bagi guru, karena guru terbiasa menggunakannya ketika sedang membuat soal. Taxonomy Cognitive tersebut terdiri dari 6 (enam) tingkat berpikir, yaitu remembering/ mengingat (C1), understanding/ memahami (C2), applying/ menerapkan (C3), analyzing/ menganalisis (C4), evaluating/ mengevaluasi (C5), dan creating/ mengkreasi (C6).
Taxonomy Cognitive tersebut dibagi menjadi dua, untuk C1-C2-C3 dikategorikan sebagai LOTS (Lower Order Thinking Skills) dan C4-C5-C6 dikategorikan sebagai HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bagi guru pembuat soal jenis HOTS tentu tidak akan menyentuh tingkat kognitif C1-C2-C3.
Menuju HOTS, Hindari Jenis Pengetahuan Faktual
Bagi guru pembuat soal, selain memilih tingkat taksonomi kognitif, juga harus memilih pengetahuan apa yang akan siswa peroleh. Terdapat 4 (empat) jenis pengetahuan, yaitu faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Berdasarkan perolehan pengetahuannya tersebut, soal jenis LOTS mencakup semua jenis pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif). Sedangkan HOTS hanya mencakup 3 (tiga) jenis pengetahuan, yaitu konseptual, prosedural, dan metakognitif. Tentu, guru pembuat soal jenis HOTS tidak akan menyentuh jenis pengetahuan faktual.
Hanya Soal Jenis AKM dan AKMI Level 3 Yang Berkategori HOTSÂ
Soal jenis AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) yang dikenalkan pemerintah sejak tahun 2021, terdiri dari 3 (tiga) level, yaitu level 1 (C1-C2), level 2 (C3), dan level 3 (C4-C5-C6). Maka berdasarkan tingkat berpikirnya, soal jenis AKM dan AKMI level 1 dan level 2 berkategori LOTS dan level 3 berkategori HOTS. Dengan kata lain, soal jenis AKM dan AKMI berkategori HOTS hanya untuk level 3 (C4-C5-C6) saja dan menjangkau hanya jenis pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif (tanpa jenis pengetahuan faktual).
Menuju HOTS, Kembangkan C4-C5-C6
Guru pembuat soal jenis HOTS akan menghindari jenis pengetahuan faktual. Selain itu, untuk menjamin bekerjanya pemikiran tingkat tinggi (HOTS) siswa, guru akan memilih tingkat berpikir analyzing/ menganalisis (C4), evaluating/ mengevaluasi (C5), dan creating/ mengkreasi (C6). Tentu pada sebuah intrumen penilaian, secara proporsional guru juga mengembangkan soal jenis AKM dan AKMI level 1 dan 2, tidak melulu level 3. Selamat mengembangkan soal jenis AKM dan AKMI, baik level 1, 2, maupun 3.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H