"business succeeds only when it provides real value to clients"
Kutipan di atas datang dari buku The $100 Startup: Reinvent the Way You Make a Living, Do What You Love, and Create a New Future
ditulis oleh Chris Guillebeau.
Dalam menjalankan bisnis, sebuah value atau nilai haruslah menjadi landasan berpijak. Tanpa nilai yang jelas, apapun jenis bisnis, bisa dijamin tidak akan bertahan lama.Â
Para pelaku bisnis yang tidak meletakkan nilai sebagai pijakan akan kehilangan momen untuk mempertahankan bisnis. Value dalam sebuah bisnis bisa terlihat dari moto yang dibawa.
Sekecil apapun bisnis, usahakan untuk terlebih dahulu merancang value yang ingin ditawarkan pada pelanggan. value secara tidak langsung akan menjadi kompas yang memandu arah bisnis ke jalan yang benar.
Kenapa saya katakan benar? karena banyak bisnis yang runtuh karena berada di jalan yang salah. Bukan karena tidak memiliki modal atau pegawai, tapi karena tidak adanya value ketika bisnis dibangun.
Baca juga :Â Konsep Membangun Bisnis yang Benar
Mari coba kita lihat contoh paling sederhana. Ada dua warung makan yang letaknya saling berseblahan. Warung makan A memiliki moto "makan sehat dan nyaman", sedangkan warung makan B hanya menuliskan "rumah makan".
Sekilas, tidak ada perbedaan yang kentara. Keduanya sama-sama tempat makan yang juga memiliki fasilitas meja makan dan kursi. Pelayanan juga relatif sama.
Namun, perbedaan bisa terlihat saat pembeli memasuki area bagian dalam. Warung A sangat menjaga kualitas makanan, rak bagian depan disusun rapi dengan jenis ikan dan kuah. Selain itu, meja makan langsung dibereskan saat pelanggan selesai menyantap makanan.
Para pekerja di warung A harus mengikuti protokol kebersihan. Tidak boleh ada sampah yang terlihat dan semua meja wajib terlihat bersih.