Mohon tunggu...
Hes Hidayat
Hes Hidayat Mohon Tunggu... ibu rumah tangga -

Mom at home. Foodblogger ~ masukdapur.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Beef Steak Oat

30 September 2011   07:54 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:28 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Saya mengikuti perlombaan resep sehat untuk jantung yang diadakan @sayangijantungmu Quaker Oatmeal beberapa waktu yang lalu. Ada beberapa masakan yang yang sudah saya buat untuk saya ajukan. Tetapi kemudian hanya satu resep yang berani saya daftarkan. Dan alhamdulillah, kendati peringkat (hampir) terbawah pada pengumpulan suara lewat voting pembaca, resep tersebut malah terpilih menjadi pemenang utama berdasarkan pemilihan juri :D Salah satu masakan yang saya buat dan gagal saya ajukan di lomba tersebut adalah steak ini. Daging yang saya balut dengan 'adonan' oat yang saya campur dengan bayam ini dari segi rasa sebenarnya enak tapi resepnya belum sempurna. Oatnya tidak membalut daging sehingga masih terpisah pisah. Dari sisi penampilan kurang bagus. Saya masih mencari cara bagaimana membuat adonan oat ini menjadi semacam batter sehingga melekat pada bahan utamanya.

Batter adalah adonan agak cair dari satu jenis tepung atau lebih yang dicampur dengan cairan seperti air, susu atau telur. Batter biasanya digunakan untuk membalut bahan utama. Proses pemanasan seperti goreng, panggang, atau kukus akan membuat batter memadat.

Beef Steak Oat

Bahan:

  • 250 gram daging has dalam, iris kurang lebih 1 cm
  • 1 ikat bayam, siangi
  • 100 gram oat
  • 1 butir telur
  • Air matang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Balur daging dengan 1/2 garam dan merica, diamkan sekitar 1 jam
  2. Buatlah batter dengan mencampur air matang, oat dan telur, tambahkan 1/2 sdt garam
  3. Campur bayam yang sudah disiangi dalam batter
  4. Balut daging dengan batter
  5. Panggang atau goreng daging sekitar 3 menit di kedua sisi
  6. Angkat. Diharapkan daging akan matang dengan warna merah muda di dalamnya (medium rare)
Lama persiapan: 70 menit Lama memasak: 10 menit Untuk 2 orang

Fyi, Ini adalah postingan pertama saya di Kompasiana :D Cheers.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun