Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 263 Gelombang 7 yang beranggotakan 5 orang yaitu Mas'ud Fadhilah Catra, Alifaldo Satiyaki Harapan, Isak Gustaf Layaba, dan Ludfiah Salsa Billa dari program studi Akuntansi dan Fariza Wahyu Maharrani dari program studi Manajemen dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang, yaitu Bapak Ardik Praharjo S.AB., M.AB. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Media massa sekarang ini merupakan bagian penting bagi seluruh orang didunia dimana dalam segala aktivitas yang dilakukan tidak terlepas dari yang namanya media massa baik itu instagram, faceebok, tiktok dan lain sebagainya, terutama bagi kaum milenial sekarang ini. Media massa ini juga bukan hanya wadah untuk berbagi momen penting tetapi bisa digunakan juga sebagai wadah untuk berbisnis contohnya untuk berdagang atau berjualan secara online melalui berbagai macam platform media massa sehingga memudahkan bagi orang-orang untuk membeli barang atau kebutuhan mereka tanpa harus keluar rumah.
Melihat peluang dari perkembangan pesatnya media massa saat ini, Mahasiswa  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PMM) oleh Mahasiswa kelompok 263 bersama dengan petani milenial Ledug membuat sebuah platform media massa yaitu akun instagram dengan nama @aslikopi.arjuno.
Pembuatan platform media massa tersebut merupakan rangkaian dari program kerja kelompok 263 di Ledug terkait dengan sosialisasi digitalisasi marketing yang dilakukan kepada beberapa kelompok tani di Ledug. platform media massa berupa instagram ini dibuat adalah untuk memperkenalkan mengenai Jenis Kopi, Profil Kelompok Tani, Profil Petani itu sendiri, beberapa UMKM, dan termasuk Jenis Produk Kopi dari beberapa UMKM yang ada di Ledug itu sendiri. Bersama dengan petani milenial di Ledug kami bekerjasama untuk membentuk media informasi ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kopi asli Ledug.
Memang untuk sementara ini Kopi yang menjadi fokus utama kami dalam program kerja kami, guna memperkenalkan produk kopi yang ada di Ledug, tapi tidak menutup kemungkinan jika nantinya media massa tersebut berjangka panjang dan permanen maka, bukan hanya jenis dan produk kopi yang dimasukkan dalam etalase tersebut dan diangkat tetapi beberapa produk lainnya seperti susu dari ternak, sayuran dan lain sebagainya. Pada etalase yang tersedia juga bukan hanya menampilkan nama produk saja tetapi siapa yang membuat produk tersebut, nama petani yang mengolah biji kopi tersebut, nama dari UMKM dari produk kopi tersebut dan lain sebagainya.
Â
Harapan kami media massa ini dapat bertahan lama dan memberi manfaat yang baik untuk menunjang peningkatan perekonomian Desa Ledug khususnya para petani kopi dan umkm kopi. dan dapat dikelola dengan baik oleh petani milenial.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H