Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Jogja Istimewa, Gunungkidul Indah Sejak Zaman Purba

3 Februari 2021   10:13 Diperbarui: 3 Februari 2021   10:31 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Embung Nglanggran (idntimes.com)

Tidaklah berlebihan kalau seniman sekaliber Didi Kempot menciptakan sebuah lagu tentang kekagumannya atas keindahan alam Gunungkidul, Yogyakarta.

Dalam lagunya Banyu Langit sang maestro campur sari mengasosiasikan indahnya hati yang sedang kasmaran dengan ademe gunung merapi purba yang berada di Nglanggran, Wonosari, Yogyakarta. 

Di barusan perbukitan purba itu terdapat embung (danau) Nglanggran yang indah seperti tampak pada gambar foto di atas.

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten dari lima pemerintah daerah tingkat dua di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunungkidul dikenal dengan sebutan pegunungan seribu. Wilayahnya sebagian besar terdiri dari batuan gamping (karts).

Maka di Gunungkidul terdapat puluhan gua sebagai akibat pelapukan alami batuan karst. Yang paling istimewa dan terkenal sebagai destinasi wisata adalah Gua Pindul. Gua-gua karst lainnya seperti Gua Segrubuk dan Gua Bribin tak kalah menariknya.

Gua Pindul (keluyuran.com)
Gua Pindul (keluyuran.com)

Memang di bawah permukaan bumi wilayah Gunungkidul banyak ditemukan aliran-aliran sungai di bawah tanah. Aliran sungai bawah tanah ini kemudian melewati gua-gua yang kemudian dikelola sebagai tenpat tujuan wisata.

Sebelum pandemi covid-19 destinasi wisata di Gunungkidul ramai dikunjungi wisatawan. Bukan hanya dari warga DI Yogyakarta tapi juga dari daerah lain. 

Sektor pariwisata saat ini menjadi andlam Penerimaan Asli Daerah kabupaten Gunungkidul. Dulunya kabupaten ini terkwnal sebagai daerah tandus. Tanaman yang mampu bertahan hidup adalah singkong.  Thiwul adalah olahan dari singkong yang populer dari Gunungkidul.

Yogyakarta Memang Istimewa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun